Pengalaman komunikasi politik anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat(:Studi Fenomenologi dalam Memperjuangkan Aspirasi Masyarakat Daerah Pemilihannya)

Lisa, kurnia (2023) Pengalaman komunikasi politik anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat(:Studi Fenomenologi dalam Memperjuangkan Aspirasi Masyarakat Daerah Pemilihannya). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak (Lisa Kurnia).pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB I - Pendahuluan (Lisa Kurnia).pdf - Updated Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan saran)
BAB V - Kesimpulan dan Saran.pdf - Updated Version

Download (92kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (Lisa Kurnia).pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Tesis Full text)
1 - Full Tesis Lisa Kurnia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/inde...

Abstract

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat memiliki tanggung jawab secara moral untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat tersebut diperlukan komunikasi politik, idealnya memberikan pengaruh yang lebih baik kepada masyarakat. Dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat tersebut mengharuskan anggota dewan memiliki kemampuan komunikasi politik yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman komunikasi politik dan menganalisis makna esensial dari pengalaman komunikasi politik anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan pendekatan fenomenologis Edmund Husserl. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Komunikasi yang terjadi bersifat dialogis yang memungkinkan siapa saja, mulai dari politisi, aktivis dan mitra dapat menjadi komunikator dan komunikan pada satu waktu yang hampir bersamaan. Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat merupakan pesan utama dalam komunikasi politik yang terjadi sepanjang memperjuangkan aspirasi masyarakat oleh anggota DPRD Sumatera Barat. Komunikasi massa, komunikasi interpersonal, dan komunikasi organisasi adalah saluran dan media komunikasi yang digunakan sepanjang agenda perjuangan aspirasi masyarakat oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat. Hambatan yang ditemui dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dapat diselesaikan dengan melakukan lobi politik kepada berbagai pihak yang terlibat dalam pewujudan aspirasi yang sedang diperjuangkan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Sarmiati
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Politik, DPRD, dan Aspirasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:40
Last Modified: 09 Feb 2023 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122746

Actions (login required)

View Item View Item