Komunikasi Keluarga Di Era Disrupsi Teknologi Pada Generasi Digital Natives (Studi Kasus 5 Keluarga Tokoh Agama Islam di Kota Solok)

Rahma, Dinantia Junaidi (2023) Komunikasi Keluarga Di Era Disrupsi Teknologi Pada Generasi Digital Natives (Studi Kasus 5 Keluarga Tokoh Agama Islam di Kota Solok). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB VI Kesimpulan)
BAB VI Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Tesis Full)
tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Disrupsi teknologi yang signifikan berimbas kepada kualitas komunikasi dalam sebuah keluarga, khususnya di keluarga yang memiliki anak generasi digital native. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi keluarga yang terjadi di era disrupsi teknologi pada generasi digital natives melalui pendekatan studi kasus pada 5 keluarga tokoh agama Islam di Kota Solok. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk menganalisis upaya keluarga dalam menghadapi disrupsi teknologi ada generasi digital natives. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganut paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kelima keluarga yang memiliki latar belakang ilmu Agama Islam memiliki kecenderungan-kecenderungan tipe komunikasi yang berbeda, yakni dua diantaranya lebih cenderung menganut tipe komunikasi pluralistik, sedangkan tiga sisanya lebih ke tipe komunikasi consensual. Kemudian upaya - upaya yang dilakukan oleh keluarga informan dalam menghadapi disrupsi teknologi, salah satunya dengan membatasi akses perangkat digital bagi anak-anak generasi digital natives.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, SP, M.Si.
Uncontrolled Keywords: disrupsi teknologi, digital native, tokoh agama islam, komunikasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:44
Last Modified: 06 Feb 2023 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122660

Actions (login required)

View Item View Item