Perbandingan Performa Broiler pada Sistem Kandang Tertutup dan Terbuka di Kota Payakumbuh (Studi Kasus di Peternakan Plasma Okto Hendri Nanda dan Afdal Zikri)

Mardani, Yura Okta (2023) Perbandingan Performa Broiler pada Sistem Kandang Tertutup dan Terbuka di Kota Payakumbuh (Studi Kasus di Peternakan Plasma Okto Hendri Nanda dan Afdal Zikri). Diploma thesis, Peternakan.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERBANDINGAN PERFORMA BROILER PADA SISTEM KANDANG TERTUTUP DAN TERBUKA DI KOTA PAYAKUMBUH (STUDI KASUS DI PETERNAKAN PLASMA OKTO HENDRI NANDA DAN AFDAL ZIKRI) Yura Okta Mardani dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Hj. Husmaini, MP dan Robi Amizar, S. Pt., M. Si. Departemen Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Payakumbuh, 2023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa broiler yang dipelihara pada dua sistem kandang berbeda yaitu sistem kandang tertutup dan terbuka di peternakan plasma Okto Hendri Nanda dan Afdal Zikri di Kota Payakumbuh. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah performa produksi broiler yang meliputi konsumsi ransum, pertambahan berat badan, konversi ransum, deplesi dan indeks performa. Penelitian dilaksanakan dengan pengamatan secara langsung (observasi) dan data sekunder dari periode sebelumnya. Data dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rataan, standar deviasi serta menggunakan uji statistik independent sample t-test untuk pertambahan berat badan dan konversi ransum. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pertambahan berat badan broiler berbeda sangat nyata (P<0,01) namun untuk konversi ransum tidak berbeda nyata (P>0,05). Hasil penelitian performa broiler menunjukkan bahwa broiler yang dipelihara di kandang tertutup memiliki rata-rata konsumsi ransum 105,32 gram/ekor/hari, pertambahan berat badan 63,69 gram/ekor/hari, konversi ransum 1,52, deplesi 2,11% dan indeks performa 402. Sedangkan pada kandang terbuka memiliki rata-rata konsumsi ransum 94,06 gram/ekor/hari, pertambahan berat badan 53,99 gram/ekor/hari, konversi ransum 1,53, deplesi 3,22% dan indeks performa 369. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa performa broiler pada kandang tertutup lebih baik dari pada performa kandang terbuka. Kata Kunci : Broiler, Kandang Tertutup, Kandang Terbuka, Performa, Peternakan Plasma

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:02
Last Modified: 02 Feb 2023 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122552

Actions (login required)

View Item View Item