Hubungan Hidronefrosis Pra Operasi dengan Penurunan Hemoglobin Pasca Operasi Percutaneous Nephrolithotomy di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Febby, Genta Wahyuni (2022) Hubungan Hidronefrosis Pra Operasi dengan Penurunan Hemoglobin Pasca Operasi Percutaneous Nephrolithotomy di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah batu ginjal menempati kasus ketiga paling umum di bidang urologi. Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL) adalah prosedur urologi minimal invasif yang bertujuan untuk menghilangkan batu ginjal menggunakan akses perkutan untuk mencapai sistem pelviokalises. PCNL dilakukan sebagai terapi lini pertama untuk batu ginjal >20mm. Komplikasi PCNL yang paling umum adalah perdarahan. Perdarahan menyebabkan penurunan kadar hemoglobin pasca operasi. Pendarahan ini dapat terjadi perioperatif atau pasca operasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan hidronefrosis pra operasi dengan penurunan hemoglobin pasca PCNL pada penderita batu ginjal. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan prospektif. Jumlah dari sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 sampel di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Analisis univariat dan bivariat digunakan dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan uji Chi square dimana hubungan antar variabel dikatakan signifikan jika p value < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 pasien yang dioperasi PCNL, jumlah jenis kelamin terbanyak yakni pada perempuan dan berada pada rentang usia 46-64 tahun. Penurunan hemoglobin terbanyak berada pada kelompok <2g/dl. Kebanyakan pasien batu ginjal disertai dengan adanya hidronefrosis. Analisis statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara hidronefrosis pra operasi dan penurunan hemoglobin setelah PCNL (p value = 0,553). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara hidronefrosis pra operasi dengan penurunan hemoglobin pasca PCNL pada penderita batu ginjal di RSUP Dr.M.Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Alvarino, Sp.B, Sp.U(K)
Uncontrolled Keywords: Batu ginjal, Hidronefrosis pra operasi, Penurunan hemoglobin, PCNL
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:03
Last Modified: 01 Feb 2023 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122502

Actions (login required)

View Item View Item