Korelasi antara durasi operasi dengan penurunan kadar hemoglobin pada pasien benign prostate hyperplasia (BPH) yang ditatalaksana transurethral resection of prostate (TURP)

Latifah, Lifiah Alamsyah (2023) Korelasi antara durasi operasi dengan penurunan kadar hemoglobin pada pasien benign prostate hyperplasia (BPH) yang ditatalaksana transurethral resection of prostate (TURP). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) adalah suatu istilah histopatologis bertambahnya jumlah sel epitel kelenjar prostat dan sel stroma pada zona transisional yang ada pada prostat. Kejadian BPH meningkat seiring bertambahnya usia dan banyak terjadi pada usia di atas 50 tahun. Transurethral Resection of the Prostate (TURP) adalah tindakan baku emas pembedahan pada pasien BPH. Komplikasi yang paling umum terjadi pada TURP adalah pendarahan yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kadar hemoglobin. Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara durasi operasi dengan penurunan kadar hemoglobin pada pasien BPH yang ditatalaksana TURP. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional yang menggunakan 22 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan diambil dari rekam medis pasien BPH yang ditatalaksana TURP. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata lama operasi TURP adalah 64,1822,296 menit. Rata-rata perubahan kadar hemoglobin adalah 1,891 1,4125 g/dl. Hasil uji korelasi Pearson didapatkan koefisien korelasi r=0,531 dan nilai signifikansi p=0,011 (p>0,05). Hal ini menunjukkan adanya korelasi positif yaitu semakin lama durasi operasi, maka semakin besar penurunan kadar hemoglobin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Alvarino, Sp.B, Sp.U (K)
Uncontrolled Keywords: BPH, TURP, hemoglobin
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 01 Feb 2023 05:03
Last Modified: 01 Feb 2023 05:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122493

Actions (login required)

View Item View Item