PEMINDAHAN PERKANTORAN PEMERINTAH KOTA PADANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT AIR PACAH TAHUN 2011-2020

Yola, Yolanda (0028) PEMINDAHAN PERKANTORAN PEMERINTAH KOTA PADANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT AIR PACAH TAHUN 2011-2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK 1.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Yola Yolanda 1710712025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemindahan Perkantoran Pemerintah Kota Padang dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Air Pacah Tahun 2011-2020” penulisan dari skripsi ini menjelaskan tentang sejarah pemindahan perkantoran Kota Padang dari Kampung Jao Kecamatan Padang Barat ke kawasan Air Pacah Kecamatan Koto Tangah dan dampaknya terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Pengumpulan data karya ini dilakukan dengan cara studi pustaka dan wawancara dengan matan Kepala Bappeda Kota Padang, sekretaris Bappeda Kota Padang, Staf Dinas Pertanahan Kota Padang, dan masyarakat Air Pacah yang ikut terdampak paska pemindahan pusat perkantoran Kota Padang ke kawasan ini. Gempa bumi tahun 2009 menjadi alasan utama pemindahan perkantoran pemerintahan Kota Padang. Gempa berkekuatan 7,9 skala ricter berhasil meluluhlantahkan Kota Padang tidak hanya rumah masyarakat namun juga fasilitas publik, fasilitas pendidikan, dan fasilitas umum lainnya. Langkah preventif yang diambil Pemko Padang ialah memindahkan pusat perkantoran yang berada dekat dengan garis pantai ke kawasan yang aman dan luas. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.26 Tahun 2011 Pemerintah Kota Padang resmi memindahkan pusat pemerintahannya ke Kecamatan Koto Tangah tepatnya kawasan Air Pacah. Air Pacah mengalami progres dalam segi pembangunan, sosial dan ekonomi dalam bentuk meningkatnya taraf kehidupan masyarakat sekitar. Sebelum pemindahan perknatoran ke Air Pacah, pada umumnya masyarakat sekitar berprofesi sebagai petani. Paska dari berkembangnyaa kawasan ini menjadi kawasna pemerintah, mata pencaharian masyarakat mulai beragam yaitu sebagai pedagang, pemilik jasa, pegawai dan lainnya. Perkembangan pembangunan perumahan dan juga ruko menjadi faktor utama peningkatan hubungan sosial masyarakat dari homogen ke masyarakat heterogen, tidak sedikit masyarakat Kota Padang mencari peluang dan ikurt berdomisili di kawasan ini. Meningkatnya taraf kehidupan masyarakat Air Pacah merupakan dampak mutlak berkembangnya kawasan Air Pacah sebagai perkantoran dan kawasan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Syafrizal, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pemindahan, Pemerintahan, Sosial, Ekonomi, Air Pacah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:59
Last Modified: 14 Feb 2023 04:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122438

Actions (login required)

View Item View Item