HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN PERILAKU PENCEGAHANNYA PADA GURU WANITA DI SMAN 9 DAN MAN 2 KOTA PADANG TAHUN 2016

Nadia, Findelly Putri (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN PERILAKU PENCEGAHANNYA PADA GURU WANITA DI SMAN 9 DAN MAN 2 KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
13. BAB VII.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kanker serviks termasuk lima kanker terbanyak yang menyebabkan kematian di dunia. Pencegahan kanker ini dapat dilakukan sejak dini dengan berbagai cara. Guru dapat menjadi agen yang mempengaruhi perilaku kesehatan remaja, khususnya terkait kesehatan reproduksi yang berkaitan langsung dengan kanker serviks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan perilaku pencegahan dini pada guru di SMAN 9 dan MAN 2 Kota Padang. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif, analitik dan pendekatan cross sectional dimana jumlah sampel berjumlah 89 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Data diolah dan dianalisa dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan (p = 0,000) dengan perilaku pencegahan dini kanker serviks pada guru di SMAN 9 dan MAN 2 sKota Padang. Rekomendasi dari penelitian ini untuk guru yakni dengan pengetahuan yang dimiliki guru diharapkan guru dapat menjadi sumber informasi kepada para siswa terkait kanker serviks dan cara pencegahannya. Kata Kunci : guru, kanker serviks, pengetahuan, perilaku pencegahan, Daftar Pustaka : 61 (2005 – 2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:44
Last Modified: 22 Jul 2016 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item