Uji Aktivitas Antibakteri Metabolit Sekunder Isolat Bakteri Endofit Kulit Buah Alpukat (persea americana mill) Dari Media Fermentasi Berbasis Air Tebu (Saccharum Officinarum)

Primadi, Dian (2023) Uji Aktivitas Antibakteri Metabolit Sekunder Isolat Bakteri Endofit Kulit Buah Alpukat (persea americana mill) Dari Media Fermentasi Berbasis Air Tebu (Saccharum Officinarum). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V. Kesimpulan Dan Saran.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FIX pertahanan hasil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI METABOLIT SEKUNDER ISOLAT BAKTERI ENDOFIT KULIT BUAH ALPUKAT (Persea americana Mill) DARI MEDIA FERMENTASI BERBASIS AIR TEBU (Saccharum officinarum) Oleh : Dian Primadi NIM : 1811012035 (Program Studi Sarjana Farmasi) Kulit buah alpukat (Persea americana Mill) mengandung metabolit sekunder yang memiliki aktivitas sebagai antibakteri. Ekstraksi senyawa metabolit sekunder dari bagian tanaman dinilai tidak efisien sebab jumlahnya terbatas dan memiliki siklus hidup yang relatif lama, sehingga cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan bakteri endofit yang dapat memproduksi senyawa yang mirip dengan tanaman inangnya. Senyawa metabolit sekunder dari bakteri endofit dihasilkan melalui proses fermentasi. Air tebu dapat dimanfaatkan sebagai sumber karbon untuk media fermentasi karena kandungan sukrosa yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antibakteri metabolit sekunder dari bakteri endofit kulit buah alpukat (Persea americana Mill) terhadap Staphylococcus aureus ATCC 25157 dan Escherichia coli ATCC 25922 serta mengidentifikasi senyawa metabolit sekundernya dari media fermentasi berbasis air tebu sebagai sumber karbon. Digunakan metode Kirby-baurer atau uji difusi cakram untuk menentukan aktivitas antibakteri dan kandungan metabolit sekundernya dianalisis menggunakan LC-MS. Berdasarkan hasil pengujian aktivitas antibakteri diperoleh tiga isolat memiliki aktivitas antibakteri kategori sedang dengan diameter 5-10 mm yaitu isolat 1 (Enterobacter sp.), isolat 2 (Escherichia sp.) dan isolat 3 (Alcaligenes sp.) serta satu isolat memiliki aktivitas antibakteri kategori kuat dengan diameter hambat diatas 10 mm yaitu isolat 4 (Bacillus velezensis). Didapatkan 7 dugaan senyawa dari isolat potensial yaitu isolat 4 bakteri endofit kulit buah alpukat dengan senyawa 2-heptyl-3-hydroxy-4-quinolone, viscosine, antracidins B, kobutimycin B, rubiginone C1, pseudopyronine B dan seitomycin. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media fermentasi berbasis air tebu sebagai sumber karbon dapat digunakan untuk produksi metabolit sekunder dari bakteri endofit kulit buah alpukat. KataKunci :Bakteriendofit,PerseaamericanaMill,aktivitasantibakteri,S. aureus,E.coli, LC-MS/MS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:03
Last Modified: 22 Feb 2023 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122380

Actions (login required)

View Item View Item