Irfan Afandi, Muhammad (2022) Pengembangan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Dengan Menggunakan Canard Wing Untuk Memudahkan Manuver. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (78kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (140kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version Download (125kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text (Fulltext)
TA Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pada tugas akhir ini dilakukan pengembangan pada Pesawat Tanpa Awak (Unmanned Aerial Vehicle/ UAV) Gonjong Tujuah AFRG 012. Penelitian ini diawali dengan adanya suatu masalah yang menyebabkan UAV AFRG 012 tidak mampu bermanuver dengan radius yang kecil sehingga menyebabkan kekalahan pada ajang KRTI 2019. Dari masalah ini timbul sebuah inovasi yang bertujuan agar memperkecil radius manuver dari UAV AFRG 012 yaitu dengan menambahkan Canard Wing. Penelitian ini menggunakan dua metode pengujian, yang pertama pengujian karakteristik aerodinamika pada windtunnel dan pengujian terbang untuk melihat bagaimana efek menggunakan canard wing pada UAV AFRG 012 dalam melakukan manuver saat terbang. Pada pengujian menggunakan windtunnel didapatkan perbandingan karakteristik aerodinamikaantara UAV AFRG 012 menggunakan canard wing dengan yang tidak menggunakan canard wing berupa gaya angkat, koefisien angkat, gaya hambat, dan koefisien hambat. Perbandingan koefisien angkat terbesar yang didapatkanberapa pada sudut serang 500 (stall) untuk menggunakan canard wing bernilai CL=0.835 dan pada sudut serang 450 (stall)yang tidak menggunakan canard wing bernilai CL= 0.688. Dapat dilihat canard wing juga mampu menunda titik stall sebesar 50. Untuk perbandingan koefisen hambat memiliki nilai terkecil pada sudut serang 00 untuk kedua variasi dengan nilai sebesar CD=0.0764 untuk variasi tidak menggunakan canard wing dan CD=0.01237 untuk yang menggunakan canard wing. Pada pengujian terbang data yang dihasilkan berupa radius manuver pada saat terbang. Dengan pengujian terbang didapatkan pengurangan radius manuver UAV AFRG 012 sebesar 45.9 m untuk manuver kekiri dan 26.4 m untuk manuver ke kanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 07:23 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 07:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122356 |
Actions (login required)
View Item |