Alissa, Griselda (2023) SIMULASI KOMPUTASIONAL DAN EKSPERIMENTAL PEMODELAN UAV STEALTH FLYING WING F-117. Diploma thesis, Fakultas Teknik.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Griselda Alissa 1810911002.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I_Griselda Alissa 1810911002.pdf - Published Version Download (70kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V_Griselda Alissa 1810911002.pdf - Published Version Download (107kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Griselda Alissa 1810911002.pdf - Published Version Download (115kB) |
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Utuh_Griselda Alissa 1810911002.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pemanfaatan UAV dalam kepentingan militer maupun kepentingan sipil dalam ruang udara suatu negara tanpa terdeteksi dapat menimbulkan ancaman tersendiri. Pesawat tanpa awak berjenis flying wing biasa digunakan untuk UAV dengan teknologi stealth atau tidak dapat dideteksi oleh radar. Teknologi siluman sudah banyak digunakan dimana pesawat zaman sekarang didesain dengan mempertimbangkan tingkat deteksi yang rendah (low observable) dengan mengurangi jejak radar. Pesawat stealth didesain biasanya mengurangi adanya sudut, tonjolan, lekukan dan adanya ketidak teraturan permukaan tetapi hal ini bisa menyebabkan terbang pesawat yang kurang stabil. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian pada pemodelan pesawat stealth tanpa awak untuk mengukur coefficient lift dan coefficient drag dengan beberapa variasi sudut serang dan kecepatan angin. Pada pengujian ini nantinya akan didapatkan karateristik gaya angkat dan gaya seret yang optimal untuk pesawat tanpa awak bertipe stealth flying wing agar dapat tetap terbang dengan stabil dengan desain yang telah dirancang. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan pengembangan dalam flight control system pada pesawat F-117. Pada penelitian tersebut didapatkan bahwa flight control system harus menyediakan tingkat kestabilan yang tinggi pada pesawat F�117. Tingkat kestabilan yang tinggi ini membutuhkan desain yang lebih aerodinamis agar dapat memenuhi hal tersebut. Pada penelitian ini menggunakan dua buah metode pengujian yaitu melalui pengujian komputasional menggunakan software Ansys dan pengujian eksperimental menggunakan terowongan angin berskala laboratorium. Pengujian ini dilakukan dengan cara memvariasikan sudut serang pada model uji. Model uji yaitu menggunakan desain asli pesawat F-117 dan desain modifikasi pesawat F-117 yang menggunakan airfoil Clark Y, sudut sweptsebesar 50° dan aspect ratio sebesar 2,968. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa perbandingan lift-to-drag ratio desain modifikasi pesawat F-117 lebih tinggi daripada desain asli pesawat modifikasi F-117 dengan nilai pada pengujian komputasional sebesar 6,67753 dan nilai pada pengujian eksperimental sebesar 5,363614. Hal ini menunjukkan bahwa desain modifikasi pada pesawat F-117 yang menggunakan airfoil Clark Y, sudut swept 50° dan aspect ratio 2,968 lebih aerodinamis dan efektif untuk digunakan. Kata kunci: UAV, flying wing, stealth, simulasi komputasional, simulasi eksperimental, lift, drag.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 07:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122264 |
Actions (login required)
View Item |