UJI DOSIS SERBUK BIJI MINDI Melia azedarach (Meliaceae) UNTUK PENGENDALIAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

SARMINA, SARI HARAHAP (2015) UJI DOSIS SERBUK BIJI MINDI Melia azedarach (Meliaceae) UNTUK PENGENDALIAN NEMATODA BENGKAK AKAR (Meloidogyne spp.) PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201505051135th_skiripsi sarmina pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit bengkak akar yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman tomat. Salah satu alternatif pengendalian yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan pestisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis serbuk biji mindi yang efektif dalam mengendalikan nematoda bengkak akar pada tanaman tomat. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut adalah beberapa dosis serbuk biji mindi yang terdiri dari 5 g, 10 g, 15 g, 20 g, 25 g tiap 5 kg media tanam dan control (tanpa perlakuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian beberapa dosis serbuk biji mindi mampu dalam mengendalikan nematoda bengkak akar dan dosis 10 g sudah efektif dalam mengendalikan nematoda bengkak akar. Kata kunci: nematoda bengkak akar, tomat, serbuk biji mindi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 21 Jul 2016 10:01
Last Modified: 21 Jul 2016 10:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12223

Actions (login required)

View Item View Item