INVENTARISASI PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR PADA DAUN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI PERKEBUNAN RAKYAT KABUPATEN PASAMAN BARAT

Elsa, Widia Fitri (2023) INVENTARISASI PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR PADA DAUN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI PERKEBUNAN RAKYAT KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER SKRIPSI ELSA WIDIA FITRI.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN ELSA.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP ELSA.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ELSA.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi upload ELSA WIDIA FITRI 1810252001 PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Faktor bibit mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit dan mempengaruhi pertumbuhan serta produksi selanjutnya setelah ditanam di lapangan. Salah satu penyebab rendahnya mutu hasil dari kelapa sawit adalah karena serangan patogen penyebab penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur yang menyerang daun bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di perkebunan rakyat Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survey lapangan dan pengamatan Laboratorium. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling (pengambilan sampel secara terpilih). Hasil dari penelitian ini ditemukan 3 jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur patogen pada pembibitan kelapa sawit tahap awal (Pre Nursery) diantaranya penyakit bercak daun yang disebabkan oleh jamur Curvularia sp., penyakit hawar oleh Fusarium sp., dan penyakit antraknosa oleh Botryodiplodia sp. Selanjutnya juga ditemukan 5 jenis jamur patogen pada pembibitan kelapa sawit tahap pembibitan utama (Main Nursery) diantaranya yaitu penyakit bercak daun oleh Curvularia sp. dan Pestalotia sp., penyakit antraknosa oleh Botryodiplodia sp., penyakit hawar oleh Fusarium sp., dan penyakit busuk daun oleh Rhizoctonia sp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Reflin, MP
Uncontrolled Keywords: inventarisasi, jamur, kelapa sawit, pembibitan, penyakit tanaman
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:36
Last Modified: 27 Jan 2023 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122221

Actions (login required)

View Item View Item