UJI KEAMANAN HAYATI EKSTRAK BUNGA Tithonia diversifolia A. Gray (Asteraceae) TERHADAP Menochilus sexmaculatus (Coleoptera: Coccinellidae)

WIDYA, YULI SAFITRI (2015) UJI KEAMANAN HAYATI EKSTRAK BUNGA Tithonia diversifolia A. Gray (Asteraceae) TERHADAP Menochilus sexmaculatus (Coleoptera: Coccinellidae). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201505051128th_skripsi widya yuli safitri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Insektisida nabati ekstrak bunga T. diversifolia mampu mengendalikan hama kutu daun. Teknik aplikasi ekstrak bunga ini harus memperhatikan keamanan musuh alami hama tersebut. Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa cara aplikasi ekstrak bunga T. diversifolia terhadap perkembangan predator M. sexmaculatus. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan tersebut terdiri atas aplikasi ekstrak bunga T. diversifolia konsentrasi 5% yaitu menyemprotkan ekstrak ke (A) predator, (B) kutu daun, (C) keduanya (baik kutu daun dan predator), (D) kontrol (tidak disemprot keduanya). Pengamatan dilakukan terhadap mortalitas larva, persentase pupa terbentuk, persentase imago terbentuk, kemampuan memangsa, dan kemampuan imago menghasilkan telur. Nilai LT50 dihitung berdasarkan mortalitas larva. Hasil penelitian menunjukkan semua cara aplikasi ekstrak bunga T. diversifolia yang diuji pada kumbang predator M. sexmaculatus memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap mortalitas larva yaitu berkisar antara 20-33%. Nilai LT50 pada semua perlakuan berkisar antara 4,06-5,07 hari. Demikian juga dengan pupa dan imago terbentuk, serta kemampuan memangsa menunjukkan hasil yang berbeda tidak nyata dengan pemangsaan 60,20-65,17 ekor selama 24 jam. Sedangkan ekstrak bunga yang disemprotkan secara bersamaan pada predator dan kutu daun menunjukkan produksi telur yang dihasilkan oleh predator hanya rata-rata 19,33 butir per imago betina. Kata Kunci : ekstrak bunga, T. diversifolia, predator M. sexmaculatus, kutu daun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 21 Jul 2016 09:56
Last Modified: 21 Jul 2016 09:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12221

Actions (login required)

View Item View Item