Analisis Usaha Jahe Merah Serbuk (Studi Kasus : Jahe Merah Serbuk Family di Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam)

Lailatul, Rahma (2022) Analisis Usaha Jahe Merah Serbuk (Studi Kasus : Jahe Merah Serbuk Family di Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Skripsi Full Fix)
SKRIPSI FULL FIX RAHMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha dari aspek produksi, aspek sumber daya manusia, aspek pemasaran, dan aspek keuangan, dan menganalisis keuntungan dan titik impas usaha jahe merah serbuk Family di nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan wawancara langsung. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha jahe merah serbuk Family merupakan usaha yang berdiri sejak tahun 2019 dengan modal awal yaitu Rp 400.000. Usaha jahe merah Family merupakan usaha pengolahan jahe merah menjadi jahe merah serbuk yang dapat langsung dikonsumsi oleh konsumen dengan cara mencampurkan jahe merah serbuk dengan air hangat. Tahun 2022 usaha ini sudah memiliki 5 orang tenaga kerja. Berdasarkan hasil penelitian keuntungan yang di dapat oleh usaha jahe merah serbuk Family selama periode Juli 2022 adalah Rp 1.994.299,14. Dengan kuantitas titik impas usaha jahe merah serbuk Family sebesar 101,15 bungkus dan titik impas penjualan usaha adalah sebesar Rp 2.528.823,57.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Dwi Evaliza, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Jahe Merah, Usaha Jahe Merah serbuk
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:49
Last Modified: 27 Jan 2023 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122176

Actions (login required)

View Item View Item