DAMPAK PERILAKU KOLEKTIF PETANI DALAM APLIKASI PESTISIDA, SANITASI DAN PEMANGKASAN TERHADAP KEANEKARAGAMAN SERANGGA DI PERTANAMAN KAKAO (STUDI KASUS DI NAGARI SALAYO KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK)

Siska, Rosalia (2022) DAMPAK PERILAKU KOLEKTIF PETANI DALAM APLIKASI PESTISIDA, SANITASI DAN PEMANGKASAN TERHADAP KEANEKARAGAMAN SERANGGA DI PERTANAMAN KAKAO (STUDI KASUS DI NAGARI SALAYO KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku kolektif petani terkait dengan aplikasi pestisida, sanitasi dan pemangkasan pada tanaman kakao; mengetahui dan menganalisis tingkat keanekaragaman serangga yang ada di pertanaman kakao di lokasi tersebut; menganalisis dampak perilaku kolektif petani dalam melakukan aplikasi pestisida, sanitasi dan pemangkasan terhadap keanekaragaman serangga di pertanaman kakao. Penelitian dilakukan di Nagari Salayo Kecamatan Kubung Kabupaten Solok dan Laboratorium Bioekologi Serangga Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2021. Pengambilan data perilaku petani dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh 75 orang responden yang berasal dari Kelompok Tani Bungo Tanjung Sepakat, Kelompok Tani Saiyo dan Kelompok Tani Manunggang Sakato. Pengumpulan serangga dilakukan dengan menggunakan pit fall trap, yellow trap, light trap dan canopy spraying. Pengambilan sampel serangga dilakukan sebanyak tiga kali dengan interval waktu per 2 minggu dimulai dari bulan Agustus 2021. Hasil penelitian menunjukkan perilaku kolektif petani dalam aplikasi pestisida, sanitasi dan pemangkasan pada pertanaman kakao termasuk dalam kategori cukup dan baik, kelimpahan serangga herbivora lebih rendah dari serangga karnivora, indeks keanekaragaman serangga berada pada kisaran 2,06 - 3,15. Perilaku kolektif petani dalam aplikasi pestisida, sanitasi dan pemangkasan menyebabkan perubahan pada lingkungan pertanaman kakao dan pada akhirnya juga mempengaruhi keanekaragaman serangga. Perilaku petani yang baik dalam aplikasi pestisida, sanitasi dan pemangkasan berdampak positif terhadap keberlanjutan keberadaan serangga di ekosistem dan juga keberlanjutan jasa ekosistem yang disediakan oleh serangga.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Yonariza, M.Sc., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Theobroma cacao, keanekaragaman, jasa ekosistem
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:07
Last Modified: 26 Jan 2023 03:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122136

Actions (login required)

View Item View Item