ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REALISASI PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP USAHA KECIL DAN MIKRO (Studi kasus: BMT Al-Barokah Sungai Tarab – Kabupaten Tanah Datar)

FIONA, CLARISA (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REALISASI PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP USAHA KECIL DAN MIKRO (Studi kasus: BMT Al-Barokah Sungai Tarab – Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (skripsi fulltext)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi realisasi pembiayaan murabahah yang diberikan pihak BMT Al-Barokah kepada usaha kecil dan mikro yang dilihat dari faktor tingkat pendidikan, jarak BMT ke tempat usaha, total modal, omset per bulan dan lama usaha. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan laporan tahunan BMT Al Barokah. Analisis dilakukan dengan mengunakan OLS (ordinary least Square). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi realisasi pembiayaan murabahah adalah tingkat pendidikan, jarak BMT ke lokasi usaha, total modal, omset perbulan dan lama usaha. Secara statistik yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap frekuensi pembiayaan murabahah adalah tingkat pendidikan, total modal dan omset per bulan. Pihak BMT Albarokah harus lebih detail dalam memperoleh dan memonitor data yang terkait dengan tingkat pendidikan, perkembangan omset dan total modal karena faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan frekuensi realisasi pembiayaan murabahah yang akan diberikan kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. H. Masrizal, M.Soc.Sc
Uncontrolled Keywords: : pembiayaan murabahah, usaha kecil dan mikro, BMT al-barokah Sungai Tarab.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: magang UIN 2023
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:12
Last Modified: 27 Jan 2023 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122134

Actions (login required)

View Item View Item