Pola Bakteri dan Sensitivitas Antibiotik pada Pasien Ulkus Kaki Diabetik yang Dirawat di Bangsal Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 2018-2021

Sheila, Jihan Safira (2022) Pola Bakteri dan Sensitivitas Antibiotik pada Pasien Ulkus Kaki Diabetik yang Dirawat di Bangsal Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 2018-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ulkus kaki diabetik merupakan salah satu komplikasi DM yang paling sering terjadi dan memiliki tingkat perawatan di rumah sakit yang tinggi. Salah satu penyebab ulkus kaki diabetik adalah infeksi sehingga untuk penanganan awal diberikan antibiotik empiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola bakteri dan sensitivitasnya terhadap antibiotik pada pasien ulkus kaki diabetik yang dirawat di Bangsal Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian total sampling. Sampel penelitian menggunakan data sekunder dari rekam medis. Terdapat 35 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dari seluruh data rekam medis pasien ulkus kaki diabetik yang dirawat di Bangsal Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang periode 2018–2021. Sampel dianalisis dengan menggunakan analisis univariat untuk mendeskripsikan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pasien terbanyak yang dirawat adalah perempuan dengan usia <60 tahun. Bakteri terbanyak berdasarkan kelompok Gram adalah bakteri Gram negatif, yaitu Proteus sp (28,6%), Klebsiella sp (17,1%), Escherichia coli (8,6%), dan Acinetobacter baumannii (8,6%). Bakteri terbanyak berdasarkan kelompok bakteri aerob dan anareob adalah bakteri aerob. Bakteri terbanyak adalah Proteus sp (28,6%), Klebsiella sp (17,1%), Escherichia coli (8,6%), Staphylococcus aureus (8,6%), dan Acinetobacter baumannii (8,6%). Antibiotik yang paling sensitif adalah meropenem, amikacin, dan trimethoprim/sulfametoxazole. Kesimpulan penelitian ini adalah bakteri terbanyak yang menginfeksi pasien ulkus kaki diabetik adalah bakteri aerob Gram negatif. Antibiotik dengan tingkat sensitivitas yang tertinggi adalah meropenem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Eva Decroli, Sp.PD-KEMD, FINASIM
Uncontrolled Keywords: ulkus kaki dibetik, pola bakteri, sensitivitas antibiotik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:44
Last Modified: 26 Jan 2023 06:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122127

Actions (login required)

View Item View Item