Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan pada Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia (Lansia) di Kota Padang

Lucyiana, Viqda Vina (2022) Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan pada Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia (Lansia) di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Kebijakan SPM Kesehatan pada pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Padang. penelitian ini dilatarbelakangi karena masyarakat lansia pada saat pandemi Covid-19 menjadi salah satu kelompok yang rentan terpapar virus. Sehingga, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar mengalami kendala karena virus tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan metode Purposive Sampling. Teori implementasi kebijakan yang digunakan adalah Teori oleh Van Meter dan Van Horn, yaitu standar dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, komunikasi antar agen organisasi dan pelaksana kebijakan, sikap atau kecenderungan para pelaksana, dan kondisi ekonomi, sosial, dan politik. Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya Implementasi Kebijakan SPM Kesehatan pada pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Padang telah berjalan dengan baik tetapi dari beberapa variabel implementasi oleh Van Meter dan van Horn belum tercapai sesuai dengan tujuan kebijakan. Variabel sumber daya masih mengalami kendala yaitu pada sumber daya manusia, finansial dan sarana prasarana dalam menunjang implementasi kebijakan masih belum mencukupi. Hal ini dikarenakan untuk standar pemenuhan mutu pelayanan telah ditetapkan dalam Permenkes Nomor 4 tahun 2019 tentang standar Teknis pelayanan Dasar pada standar pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Kemudian, untuk variabel komunikasi antar organisasi terkait dan kegiatan pelaksanaan masih mengalami kendala dikarenakan adanya Pandemi Covid-19, sehingga komunikasi dan koordinasi lebih banyak dilakukan melalui online. Variabel kondisi ekonomi, sosial dan politik belum mendukung dalam Implementasi Kebijakan SPM Kesehatan pada pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Padang. Sehingga, kinerja implementasi kebijakan SPM kesehatan pada pelayanan kesehatan lansia di Kota Padang belum maksimal. Karena dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa variabel yang belum sesuai dengan arah tujuan kebijakan SPM Kesehatan yaitu untuk memberikan pelayanan kesehatan secara minimal kepada seluruh masyarakat dan untuk mengukur kinerja dari pemerintah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:42
Last Modified: 24 Jan 2023 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122009

Actions (login required)

View Item View Item