STRATEGI KOMUNIKASI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) DALAM UPAYA MENGEMBALIKAN FUNGSI SEBAGAI PENAMPUNG ASPIRASI MAHASISWA(STUDI DESKRIPTIF BEM KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS KABINET SOLID DAN RESPONSIF)

Dana, Kurnia (2015) STRATEGI KOMUNIKASI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) DALAM UPAYA MENGEMBALIKAN FUNGSI SEBAGAI PENAMPUNG ASPIRASI MAHASISWA(STUDI DESKRIPTIF BEM KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS KABINET SOLID DAN RESPONSIF). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201504280837th_skripsi dana kurnia 0810863048.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi yang digunakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas dalam upaya mengembalikan fungsi BEM sebagai penampung aspirasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang dijalankan oleh BEM KM UNAND. Selain itu peneliti juga mendeskripsikan kendala yang dihadapi BEM KM UNAND dalam menjalankan strategi komunikasi dalam upaya mengembalikan fungsi BEM sebagai penampung aspirasi mahasiswa. Peneliti menggunakan Teori Fungsionalisme Struktural sebagai pisau bedah penelitian ini. Dalam Teori Fungsionalisme ini berfokus pada empat fungsi untuk semua sistem tindakan. Empat fungsi tindakan itu adalah AGIL (Adaptation, Goal attainment, Integration, Latency). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan empat orang pengurus BEM KM UNAND, dan observasi di lapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi yang dilakukan membutuhkan waktu yang cukup panjang sehingga akan menghasilkan Goal yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Adaptasi juga mempengaruhi Integration dan Latency dalam upaya BEM mengembalikan fungsi sebagai penampung aspirasi mahasiswa. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Teori Fungsionalisme Struktural, AGIL, BEM KM UNAND

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:39
Last Modified: 21 Jul 2016 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item