PENGALAMAN KOMUNIKASI BASARNAS DALAM PELAKSANAAN OPERASI SAR (Studi Fenomenologi Personil dalam Memberikan Kualitas Pelayanan di Basarnas Jambi)

DIO, PUTRA (2022) PENGALAMAN KOMUNIKASI BASARNAS DALAM PELAKSANAAN OPERASI SAR (Studi Fenomenologi Personil dalam Memberikan Kualitas Pelayanan di Basarnas Jambi). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (BAB V (PENUTUP))
BAB V (BAB AKHIR).pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FIX DIO PUTRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Adanya under pressure yang dilakukan masyarakat agar korban segera ditemukan dan diselamatkan masih sangat tinggi, serta adanya tuntutan media yang meminta update tentang perkembangan operasi SAR sehingga membuat anggota Pelaksana Operasi SAR sedikit kewalahan. Komunikasi interpersonal atau antar pribadi merupakan komunikasi yang dilakukan untuk memahami bagaimana individu lain bertindak. Salah satunya adalah komunikasi yang dilakukan dalam sebuah Operasi SAR antara anggota Basarnas dengan masyarakat pada saat terjadinya kecelakaan pesawat, kapal ataupun bencana alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman komunikasi Basarnas dalam memberikan kualitas layanan operasi SAR di Basarnas Jambi, untuk mengetahui konsep-konsep yang dimunculkan Basarnas Jambi tentang pengalaman komunikasi personil SAR dalam meningkatkan kualitas layanan operasi SAR di Basarnas Jambi, untuk mengetahui makna Basarnas Jambi tentang pengalaman komunikasi dalam meningkatkan kualitas layanan operasi SAR di Basarnas Jambi. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dengan subjek berjumlah 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengalaman komunikasi Basarnas Jambi dalam operasi SAR sejak tahun 2019 hingga 2021 ditinjau dari pengalaman subjek penelitian diperoleh hasil adanya penggunaan komunikasi interpersonal dan dari komunikasi interpersonal yang dilakukan maka terbentuklah evaluasi pada pelayanan yang dilakukan oleh Basarnas Jambi. Konsep-konsep yang dimunculkan yang ditemukan dalam penelitian adalah pengunaan komunikasi interpersonal meliputi adanya sikap mendukung masing-masing pihak dalam komunikasi, keterbukaan dalam menyampaikan informasi yang sebenarnya, kesetaraan menempatkan diri setara dengan partner komunikasi dan mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain dan dapat memahami sesuatu persoalan dari sudut pandang orang lain. Makna pengalaman komunikasi yang ditemukan dalam penelitian adalah integritas terhadap keadaan yang sesungguhnya, loyalitas untuk melindungi dan menyelamatkan seseorang, konsistensi dalam penanganan situasi dan kompetensi dalam berinteraksi membangun kepercayaan. Diharapkan hasil penelitian dapat menjadi kontribusi dalam memberikan sumber atau teori mengenai pengalaman pengalaman komunikasi public relations dalam memberikan kualitas layanan Operasi SAR dan dapat dijadikan sebagai acauan dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.Ikom Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, Pengalaman Komunikasi, Public Relationship, Operasi SAR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:35
Last Modified: 26 Jan 2023 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121953

Actions (login required)

View Item View Item