Analisa Aliran Daya terhadap Pertumbuhan Beban Pertahun dan Usaha Perbaikan ProfilTegangan dan Rugi-rugi Daya pada Penyulang Lintau Gardu Induk Salak

Yasirwan, Adil (2023) Analisa Aliran Daya terhadap Pertumbuhan Beban Pertahun dan Usaha Perbaikan ProfilTegangan dan Rugi-rugi Daya pada Penyulang Lintau Gardu Induk Salak. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Tugas Akhir Bab 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
Tugas Akhir Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Tugas Akhir Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Yasirwan Adil Upload.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Analisa aliran daya dalam sistem tenaga digunakan untuk mendapatkan informasi berupa parameter yang dibutuhkan untuk mengevaluasi kerja sistem dan menganalisa kondisi dari pembangkitan hingga pembebanan. meningkatnya penggunaan energi listrik pada suatu sistem menyebabkan meningkatnya nilai jatuh tegangan dan rugi-rugi daya pada sistem. Oleh karena itu perlu dilakukan usaha perbaikan aliran daya agar kualitas listrik yang disalurkan ke pelanggan akan lebih baik. Disamping itu perbaikan aliran daya pada sistem distribusi juga dapat mengurangi rugi-rugi yang terjadi pada proses pendistribusian energi listrik. Ada banyak metode dalam perbaikan aliran daya, pada penelitian ini akan digunakan beberapa metode perbaikan aliran daya yaitu pengaturan tap changer, pemasangan kapasitor bank dan penggantian konduktor kabel penyulang. Usaha perbaikan aliran daya pada penelitian ini dibagi ke dalam beberapa skema meggunakan 3 metode ini beserta variasi gabungan antara 3 metode tersebut. Skema dengan kenaikan persentase rata-rata tegangan paling besar adalah gabungan metode pengaturan tap changer, pemasangan kapasitor bank dan penggantian konduktor kabel penyulang dengan kenaikan persentase rata-rata tegangan sebesar 6,796%. Sedangkan skema yang mengurangi rugi-rugi daya paling besar adalah gabungan metode pemasangan kapasitor bank dan penggantian kabel penyulang dengan nilai rugi-rugi daya sebesar 225 kW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Nasir Sonni, Ph.D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:23
Last Modified: 26 Jan 2023 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121900

Actions (login required)

View Item View Item