Hubungan Pengetahuan dengan Tindakan Pencegahan terhadap Toksoplasmosis pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Khairfani, Swandi (2022) Hubungan Pengetahuan dengan Tindakan Pencegahan terhadap Toksoplasmosis pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Khairfani.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Toksoplasmosis merupakan penyakit asimptomatik yang tersebar di seluruh dunia. Sampai saat ini, Toksoplasmosis termasuk dalam kelompok Neglected Tropical Diseases (NTD’s). Seroprevalensi toksoplasmosis beberapa daerah di Indonesia tergolong cukup tinggi. Tingkat higienitas masyarakat di Indonesia juga tergolong rendah. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memiliki pengetahuan dan tindakan pencegahan yang baik sebagai langkah awal untuk menurunkan risiko terinfeksi toksoplasmosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan tindakan pencegahan terhadap toksoplasmosis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian model analitik cross sectional. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Pemilihan sampel menggunakan metode stratified random sampling dari mahasiswa/i program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2019 dan 2020. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan bahwa 143 responden memiliki pengetahuan baik terkait toksoplasmosis dan 146 responden menerapkan tindak pencegahan yang baik terhadap toksoplasmosis. Hasil akhir penelitian ini didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan tindakan pencegahan terhadap toksoplasmosis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Selfi Renita Rusjdi, dr., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: toksoplasmosis, Toksoplasma gondii, pengetahuan, tindak pencegahan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:54
Last Modified: 18 Jan 2023 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121890

Actions (login required)

View Item View Item