PENGUJIAN IN-VITRO TANAMAN MANGROVE (Rhizopora apiculata) YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN JERAMI PADI AMONIASI SEBAGAI BAHAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA

Novirman, Jamarun (2022) PENGUJIAN IN-VITRO TANAMAN MANGROVE (Rhizopora apiculata) YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN JERAMI PADI AMONIASI SEBAGAI BAHAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (669kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Full Paper...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil terbaik dari pengujian secara in- vitro daun mangrove (Rhizopora apiculata) yang dikombinasikan dengan jerami padi amoniasi sebagai bahan pakan ternak ruminansia. Daun mangrove diperoleh dari daerah Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Daun mangrove yang diambil adalah jenis Rhizospora apiculata. Jerami di ambil di pesawahan dan dilakukan amoniasi menggunakan urea dan feses ayam. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ternak Ruminansia, Laboratorium Teknologi Industri Peternakan, dan Laboratorium Bioteknologi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Rancangan Penelitian dilakukan secara eksperimental desain menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 5 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: A. 75% JPA (Jerami padi amoniasi) + 25 DM (Daun Mangrove yang sudah direndam dengan air kapur 5%); B. 50% JPA + 50 DM dan C. 25% JPA + 25% DM. Peubah yang diamati adalah Kecernaan bahan kering, protein kasar, bahan organik, NDF (Neutral Detergent Fiber), ADF (Acid Detergent Fiber), Selulosa, dan Kecernaan Hemiselulosa, derajat keasaman (pH), kadar NH3 (mg/100ml) serta kadar VFA (mM). Hasil uji analisa of variance (anova) menunjukkan bahwa kecernaan bahan kering, bahan organik, protein kasar, NDF, ADF, Selulosa, dan Hemiselulosa serta nilai VFA, dan NH3, memperlihatkan perbedaan yang nyata antar perlakuan. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi terbaik antara daun mangrove (Rhizopora apiculata) dengan jerami padi amoniasi diperoleh pada perlakuan C (75% daun mangrove dan 25% jerami padi amoniasi). Dengan rataan nilai kecernaan bahan kering 61.54%, bahan organik 63.42%, protein kasar 70.32%, NDF 56.09%, ADF 54.03%, Selulosa 63.60%, hemiselulosa 66.23%, VFA 141 mM dan NH3 10.29 mg/100ml. Kata Kunci: Daun mangrove, Jerami padi, Hay, Kecernaan zat-zat makanan, VFA dan NH3.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. James Hellyward, MS, IPU, ASEAN Eng
Uncontrolled Keywords: Daun mangrove, Jerami padi, Hay, Kecernaan zat-zat makanan, VFA dan NH3.
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:53
Last Modified: 17 Jan 2023 04:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121886

Actions (login required)

View Item View Item