Hubungan Tingkat Pengetahuan, Budaya dan Motivasi Akseptor KB Dengan Pemilihan Kontrasepsi Mantap Pria Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang

Siskia Maharani, Dini (2022) Hubungan Tingkat Pengetahuan, Budaya dan Motivasi Akseptor KB Dengan Pemilihan Kontrasepsi Mantap Pria Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover & abstrak)
Cover dan Abstrak (2).pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VII (Penutup).pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Tugas Akhir Utuh (Full text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sensus penduduk 2020 mencatat pertumbuhan penduduk Indonesia masih tergolong tinggi. Pemerintah Indonesia masih terus berupaya menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia dan menurunkan Total Fertility Rate (TFR) melalui program keluarga berencana yang berorientasi pada keadilan dan kesetaraan gender dalam KB dan kesehatan reproduksi melalui upaya peningkatan keikutsertaan pria dalam program KB. Pengguna kontrasepsi mantap pria di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Begalung merupakan yang tertinggi di Kota Padang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, budaya dan motivasi dengan pemilihan kontrasepsi mantap pria di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Penelitian analitik dengan metode kasus kontrol di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya dari bulan Mei sampai Juni 2022. Sampel dalam penelitian adalah Akseptor KB Pria pengguna kontrasepsi MOP dan semua suami dari PUS di wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang yang tidak menggunakan konrasepsi MOP sebanyak 34 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data secara univariat dan bivaiat menggunakan chi-square (p≤0,05). Hasil uji bivariat mendapatkan pengguna konrasepsi MOP sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik 35,3% (p=0,000), budaya yang mendukung 94,1% (p=0,020) dan motivasi yang kuat 100% (p=0,000) dibandingkan dengan bukan pengguna kontrasepsi MOP. Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan, budaya dan motivasi akseptor KB dengan pemilihan kontrasepsi mantap pria, dengan faktor dominan adalah budaya akseptor KB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:25
Last Modified: 19 Jan 2023 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121885

Actions (login required)

View Item View Item