EFEK PEMBERIAN VITAMIN C DAN EKSTRAK DAUN JAMBLANG (Syzygium cumini) TERHADAP AKTIVITAS ENZIM KATALASE PADA TIKUS YANG TELAH DIINDUKSI TIMBAL ASETAT

Helena, Azriz (2022) EFEK PEMBERIAN VITAMIN C DAN EKSTRAK DAUN JAMBLANG (Syzygium cumini) TERHADAP AKTIVITAS ENZIM KATALASE PADA TIKUS YANG TELAH DIINDUKSI TIMBAL ASETAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Helena Azriz.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Timbal (Pb) merupakan logam berat toksik yang mengakibatkan stress oksidatif dan menekan antioksidan endogen, seperti enzim katalase. Vitamin C dan daun jamblang termasuk antioksidan eksogen untuk menghambat stress oksidatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun jamblang dan vitamin C terhadap aktivitas enzim katalase tikus yang telah diinduksi timbal asetat. Penelitian ini merupakan true experimental research dengan rancangan randomized post test only control group design menggunakan tikus yang dibagi menjadi 7 kelompok, yaitu kelompok K- diberi diet standar, K+ diinduksi timbal asetat 40 mg/kgBB, P1 diinduksi timbal asetat 40 mg/kgBB dan ekstrak daun jamblang 75 mg/kgBB, P2 diinduksi timbal asetat 40 mg/kgBB dan ekstrak daun jamblang 150 mg/kgBB, P3 diinduksi timbal asetat 40 mg/kgBB dan vitamin C 75 mg/kgBB, P4 diinduksi timbal asetat 40 mg/kgBB dan ekstrak daun jamblang 75 mg/kgBB serta vitamin C 35 mg/kgBB, P5 diinduksi timbal asetat 40 mg/kgBB dan ekstrak daun jamblang 150 mg/kgBB serta vitamin C 75 mg/kg BB selama 30 hari. Pada hari ke-31, tikus dimatikan untuk diperiksa aktivitas enzim katalasenya. Pemeriksaan aktivitas enzim katalase menggunakan spektrofotometer. Pada penelitian ini, terdapat peningkatan aktivitas enzim katalase secara bermakna (p<0,05) terjadi antara kelompok K- dengan K+ dan antara kelompok K+ dengan P4. Dapat disimpulkan bahwa vitamin C dan ekstrak daun jamblang berpengaruh terhadap aktivitas enzim katalase tikus yang diinduksi timbal asetat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elmatris SY
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daun jamblang, vitamin C, aktivitas enzim katalase, timbal asetat.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:59
Last Modified: 17 Jan 2023 04:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121844

Actions (login required)

View Item View Item