PETANI DAN ALANG-ALANG (STUDI KASUS: Interaksi Masyarakat Kelompok Pengelola Lahan Bukit Panjang, Jorong Subarang Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok )

Tiki, Sutera Oryza Sativa (2016) PETANI DAN ALANG-ALANG (STUDI KASUS: Interaksi Masyarakat Kelompok Pengelola Lahan Bukit Panjang, Jorong Subarang Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT (1).pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB_1_PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB_V_AKHIR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
TUGAS_AKHIR_ILMIAH_UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian mengenai alang-alang cenderung masih terfokus pada kajian tentang ekologi keberadaan alang-alang itu sendiri. Sementara penelitian yang berusaha mengkaji mengenai interaksi masyarakat dengan alang-alang (Imperata Cylindrica) masih jarang dilakukan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan alang-alang sebagai tanaman hama bagi masyarakat di Nagari Paninggahan Jorong Subarang dalam mengelola lahan perkebunannya. Diasumsikan bahwa alang-alang merupakan saingan terbesar yang menghambat pertumbuhan tanaman di sekitarnya, alang-alang mampu menyerap kadar yang dibutuhkan tanaman, serta alang-alang merupakan tanaman utama yang tidak diinginkan ada di ladang, serta adanya suatu kesulitan yang ditemukan masyarakat dalam membasmi alang-alang. Sehingganya dalam interaksi masyarakat dengan alang-alang dalam proses rehabilitasi lahan memerlukan strategi-strategi yang dapat merubah lahan yang awalnya dipenuhi oleh alang-alang menjadi lahan yang ditanami oleh tanaman yang bernilai ekonomis. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk menjawab bagaimana interaksi masyarakat (kelompok) petani dalam melakukan strategi rehabilitasi terhadap lahan alang-alang untuk menjadikan lahan tersebut menjadi lahan produktif yang mempunyai nilai ekonomis. Serta bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana rasionalitas petani dalam memanfaatkan lahan yang telah direhabilitasi. Mengingat proses rehabilitasi lahan Bukit Pajang tidak lepas dari peranan pihak luar yaitu Netherlands-based NGO (CO2 Operate B.V). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pemilihan informan dengan teknik purposive sampling dan snowbaal sampling, dengan kelompok petani pengelola lahan Bukit Panjang sebagai informan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan mengenai rasionalitas petani, bahwa: dalam interaksi dengan alang-alang kelompok petani pengelola mendapatkan berbagai ide serta gagasan-gagasan dalam rangka melakukan kegiatan strategi rehabilitasi lahan alang-alang, kelompok petani pengelola melakukan berbagai upaya dan strategi-strategi tertentu yang didasari atas pengetahuannya yang didapat dari pengalamannya selama melakukan usaha dalam memberantas alang-alang. Sehingga penelitian ini berusaha memahami bagaimana petani secara rasionalnya menghadapi permasalahan yang ada, dan menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya demi terpenuhi kebutuhan subsistensinya. Serta adanya hubungan yang saling menguntungkan antara sipetani sebagai penyedia lahan dengan pihak CO2 Operate B.V sebagai pihak yang memfasilitasi dari luar. Sehingga dalam hubungannya menunjukan bahwa, petani sebagai orang yang rasional, kreatif dan ingin menjadi kaya. Bila kesempatan terbuka maka ingin mendapatkan akses ke pasar, dalam hal ini petani Bukit Panjang berani mengambil resiko. Atas kesadaran bahwa manusia mempunyai kesadaran individual dan selalu menggunakan perhitungan rasional dalam melakukan tindakannya. Kata kunci: Alang-alang, interaksi, petani, rasionalitas petani, strategi rehabilitasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:59
Last Modified: 21 Jul 2016 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item