PERBEDAAN KADAR HORMON ESTROGEN DAN SIKLUS MENSTRUASI PADA MAHASISWI OBESITAS DAN STATUS GIZI NORMAL DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG

Berliani, Hasvia (2022) PERBEDAAN KADAR HORMON ESTROGEN DAN SIKLUS MENSTRUASI PADA MAHASISWI OBESITAS DAN STATUS GIZI NORMAL DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama. Presentasi lemak tubuh yang tinggi merupakan bahan dasar dalam pembentukan hormon estrogen. Kadar hormon estrogen yang tinggi berpengaruh terhadap gangguan siklus menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kadar hormon estrogen dan siklus menstruasi pada mahasiswi obesitas dan status gizi normal di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain penelitian potong lintang komparatif (cross-sectional comparative) terhadap 32 responden dengan status gizi obesitas dan 32 responden dengan status gizi normal.Tempat penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang yang dilakukan November 2021-Juli 2022. Sampel diambil dengan metode systematic random sampling. Kadar hormon estrogen diperiksa dengan metode ELISA, siklus menstruasi dilakukan dengan wawancara dan hasilnya diuji dengan uji T tidak berpasangan dan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan rerata kadar hormon estrogen pada status gizi obesitas 188,310+47,560 pg/mL dan kelompok status gizi normal yaitu 181,763+51,059 pg/mL. hasil analisa data didapatkan 0,598 (p-value<0,05) maka dapat disimpukan tidak terdapat perbedaan kadar hormon estrogen pada obesitas dan status gizi normal. Status gizi obesitas yang mengalami siklus menstruasi tidak normal 19 orang (29,7%) lebih banyak dibandingkan dengan responden status gizi normal 6 orang (9,4%). Dari hasil uji statistik dapat dilihat bahwa p-value=0,002 (p-value<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan siklus menstruasi pada status gizi obesitas dan status gizi normal. Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat perbedaan hormon estrogen pada status gizi obesitas dan status gizi normal dan terdapat perbedaan siklus menstruasi pada status gizi obesitas dan status gizi normal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:51
Last Modified: 11 Jan 2023 02:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121785

Actions (login required)

View Item View Item