“PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH DOMPET DHUAFA SINGGALANG PADANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT”

Alfindo, Pratama (2023) “PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH DOMPET DHUAFA SINGGALANG PADANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peranan Islam dalam mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat dapat dilakukan dengan cara berupa pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif, pelaksanaan maupun penerapan hukum telah ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat produktif. Adapun yang melatar belakangi dari skripsi ini salah satunya adalah frasa Pasal 26 Undang-Undang No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat menyatakan “Kegiatan pendistribusian zakat yang dilakukan kepada mustahik haruslah sesuai dengan syariat Islam, pendistribusian dilakukan dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan.” diketahui dari data menurut BPS Sumbar kemiskinan meningkat dari periode 2019 hingga 2021 sedangkan menurut Dompet Dhuafa Singgalang mereka mengalami peningkatan jumlah donasi dari periode 2019 hingga 2021. Dari hal tersebut timbul pertanyaan, 1) Apa saja bentuk-bentuk zakat produktif dari zakat produktif tersebut yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Singgalang Padang? 2) Bagaimana dampak dari zakat produktif tersebut yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Singgalang Padang? Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode Yuridis Empiris yang memfokuskan kepada keadaan realita yang ada dilapangan dengan pelaksanaan aturan hukum yang berlaku ataupun yang berkembang. Data yang diperoleh digunakan Metode Wawancara yang dilakukan pada Dompet Dhuafa Singgalang Padang dan diolah dengan penalaran Deduktif dan sifat Penelitian berupa deksriptif yang memamaparakan hasil dari pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif yang terjadi di Dompet Dhuafa Singgalang Padang. Dalam proses pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif yang dilakukan Dompet Dhuafa Singgalang tersebut membentuk enam usaha produktif selama tahun 2019 hingga 2021. Kata kunci: Zakat, Pendistribusian, Zakat Produktif, Dompet Dhuafa , Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:42
Last Modified: 06 Jan 2023 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121724

Actions (login required)

View Item View Item