Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max (L.) Merrill) Pada Beberapa Dosis Biochar Tempurung Kelapa Pada Ultisol yang diberi Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA)

Akmal, Akmal Ukhra (2022) Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max (L.) Merrill) Pada Beberapa Dosis Biochar Tempurung Kelapa Pada Ultisol yang diberi Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover & abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (penutup)
penutup.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Kedelai merupakan komoditas pangan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Kebutuhan kedelai terus meningkat setiap tahunnya. Namun, tidak sebanding dengan produksi kedelai dalam negeri yang masih mengalami berbagai kendala seperti penggunaan lahan marginal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah intensifikasi budidaya dengan penambahan bahan organik tanah seperti biochar tempurung kelapa yang dikombinasikan dengan fungi mikoriza arbuskular. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Desember 2021 di Rumah Kaca dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa dosis biochar tempurung kelapa terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai pada ultisol yang diberi fungi mikoriza arbuskular. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu dosis biochar tempurung kelapa 0 ton/ha, 5 ton/ha, 10 ton/ha, 15 ton/ha, dan masing-masing perlakuan ditambahkan 10 g FMA. Data pengamatan dianalisis menggunakan uji F pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis biochar tempurung kelapa 0 ton/ha sampai 15 ton/ha tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:24
Last Modified: 06 Jan 2023 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121703

Actions (login required)

View Item View Item