HUBUNGAN STATUS IMUNISASI BCG DENGAN MORTALITAS DAN DERAJAT SEVERITAS MENINGITIS TUBERKULOSIS ANAK DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018 – 2021

Poety, Elberta Husna Nixon (2022) HUBUNGAN STATUS IMUNISASI BCG DENGAN MORTALITAS DAN DERAJAT SEVERITAS MENINGITIS TUBERKULOSIS ANAK DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018 – 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Skripsi Poety Elberta Husna Nixon Full Text)
Skripsi Poety Elberta Husna Nixon Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Meningitis tuberkulosis (meningitis TB) adalah peradangan selaput otak yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Meningitis TB memiliki angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi dibandingkan penyakit TB lainnya. Imunisasi Bacille Calmette–Guérin (BCG) yang diberikan sejak dini dapat mencegah manifestasi TB berat seperti meningitis TB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status imunisasi BCG dengan mortalitas dan derajat severitas meningitis TB anak di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional pada anak penderita meningitis TB dan menggunakan uji statistik Chi-Square dan Mann-Whitney. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang. Data diperoleh dari rekam medis RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2018 – 2021. Penelitian ini menunjukkan pasien meningitis TB anak dengan kondisi terbanyak adalah perempuan (53%), berusia 0-4 tahun (48%), status gizi baik (40%), tidak berkontak langsung dengan pasien TB (74%), masuk di tahun 2018 (33%), mendapat imunisasi BCG (55%), derajat severitas berat (59%), dan berakhir hidup (76%). Terdapat hubungan status imunisasi BCG dengan derajat severitas (p=0,035) dan mortalitas (p=0,047) pasien meningitis TB anak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan status imunisasi BCG dengan derajat severitas dan mortalitas meningitis TB anak di RSUP Dr. M. Djamil Padang pada tahun 2018 – 2021.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rahmi Lestari, Sp.A(K)
Uncontrolled Keywords: Anak, derajat severitas, imunisasi BCG, meningitis TB, mortalitas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:32
Last Modified: 06 Jan 2023 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121699

Actions (login required)

View Item View Item