Gambaran Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Pada Masyarakat Yang Mendapatkan Vaksin COVID-19 di Puskesmas Alai Kota Padang

Amrian, M. Rafi (2023) Gambaran Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Pada Masyarakat Yang Mendapatkan Vaksin COVID-19 di Puskesmas Alai Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Absrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab Akhir Kesimpulan)
Bab Akhir Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada awal tahun 2020, ditemukannya pandemi baru yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2). Salah satu metode pencegahan yang efektif untuk mengendalikan pandemi ini adalah dengan program vaksinasi. Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) merupakan salah satu hambatan, sehingga capaian vaksinasi masih menjadi masalah utama pada program vaksinasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran KIPI dan perbedaan KIPI berdasarkan data demografi (jenis kelamin dan usia) dan jenis vaksin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan study cross sectional dengan pengambilan data melalui wawancara menggunakan data vaksinasi yang dilakukan pada masyarakat yang melaksanakan vaksinasi pada bulan Januari-Februari 2022 di Puskesmas Alai dengan jumlah sampel 305 orang dari populasi 898 orang, dipilih secara acak yang memenuhi syarat inklusi dan eksklusi menggunakan metode simple random sampling. Pengambilan data menggunakan lembar pengumpulan data yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI pada tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki (58,7%), berusia 18-44 tahun (82,3%). Dari 337 dosis vaksin, terdapat 244 dosis (72,4%) merasakan adanya KIPI seperti nyeri lokasi penyuntikan (N=104 dosis), pegal lokasi penyuntikan (N=83 dosis), demam (N=68 dosis). Hasil analisis statistik chi-square menunjukkan perbedaan yang bermakna antara KIPI dengan usia (p=0,001), dan jenis vaksin (p= 0,000). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat KIPI yang dialami responden yang divaksin di Puskesmas Alai Kota Padang dan terdapat perbedaan yang bermakna antara KIPI dengan usia dan jenis vaksin. Kata kunci: Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, KIPI, Vaksin, COVID-19, Puskesmas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:10
Last Modified: 15 Feb 2023 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121647

Actions (login required)

View Item View Item