DAMPAK MANAJEMEN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT SELAMA PERIODE 2017-2021 TERHADAP DINAMIKA STATUS KESUBURAN TANAH DI SUMATERA BARAT (STUDI KASUS PT. INCASI RAYA GROUP)

Ikhsanul Adli, Adli (2022) DAMPAK MANAJEMEN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT SELAMA PERIODE 2017-2021 TERHADAP DINAMIKA STATUS KESUBURAN TANAH DI SUMATERA BARAT (STUDI KASUS PT. INCASI RAYA GROUP). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak+Cover.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Budidaya kelapa sawit yang telah berjalan, sesuai anjuran pemerintah dengan fokus manajemen perkebunan yang baik untuk produktivitas tanah dan tanaman kelapa sawit optimal. Memicu penulis tertarik untuk mengamati lebih dekat dampak manajemen perkebunan kelapa sawit terhadap dinamika status kesuburan tanah. Selain itu, hubungan jenis tanah dan manajemen perkebunan terhadap dinamika status kesuburan tanah perkebunan kelapa sawit di sumatera barat dalam ruang lingkup studi pada PT. Incasi Raya Grup yaitu; PT. Selago Makmur Plantation (PT. SMP), PT. Sumaterajaya Agrolestari - Solok Selatan (PT. SJAL-SS), dan PT. Incasi Raya Sodetan (PT. IR. Sodetan) selama periode 2017-2021 dengan tahun tanam 1998. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasi (correlational research). Pengolahan data dilakukan dengan analysis of variance (ANOVA) pada selang kepercayaan 95% dan 99%, dilanjutkan dengan menggunakan uji korelasi Pearson SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan manajemen perkebunan berupa pupuk NPK Hi-Kay Bio hanya diberikan pada PT. SMP dan tidak adaya pemberian kapur pertanian atau dolomit dilokasi penelitian. Jenis tanah di PT. SMP adalah Ultisols (Typic Kanhapludults), PT. SJAL-SS adalah Inceptisols (Typic Dystrudepts) dan PT. IR Sodetan adalah Histosols (Sapric Haplohemist). pH tanah pada setiap perusahaan tidak berbeda nyata dan tergolong agak masam-masam. PT. SMP dan PT. SJAL-SS memiliki %C-Organik, N-total, Rasio C/N, P-tersedia, KTK, dan Basa-basa (K, Na, Ca, Mg) tidak berbeda nyata, tetapi kejenuhan basa (KB) berbeda tidak nyata (kandungan hara tergolong rendah). PT. IR. Sodetan memiliki nilai KTK, K dan Ca berbeda nyata dengan lokasi lainnya. Status kesuburan tanah (SKT) di PT. SMP dan PT. SJAL-SS menunjukkan selama 5 tahun periode 2017-2021, tergolong rendah dan PT. IR. Sodetan tergolong sedang. Dampak manajemen perkebunan berupa input TKKS, solid dan pupuk kimiawi dan hal yang sama terlihat pada PT. IR Sodetan, dimana pemakaian pupuk kimia yang disertai dengan pembuatan saluran drainase, memberikan dampak positif terhadap produksi, tetapi masih belum dapat meningkatkan status kesuburan tanah. Perlu dilakukan perubahan manajemen lahan dengan mempedomani kualitas dan jenis tanah, seperti panambahan bahan organic berupa biochar dan kapur pertanian atau dolomit yang dapat meningkatan tingkat status kesuburan tanah dan hara dalam tanah di lokasi PT. SMP dan PT. SJAL-SS. serta PT. IR. Sodetan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aprisal, MP
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Perkebunan Kelapa Sawit, Jenis Tanah, Pupuk, Biochar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:15
Last Modified: 05 Jan 2023 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121621

Actions (login required)

View Item View Item