STRATEGI PENINGKATAN KUNJUNGAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS: PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN DAN LOYALITAS

Fumasa, Arizki Nuzulardi (2022) STRATEGI PENINGKATAN KUNJUNGAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS: PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN DAN LOYALITAS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang: Rumah Sakit Universitas Andalas (RS Unand) sebagai Rumah Sakit Pendidikan dihadapkan pada masalah tren penurunan jumlah kunjungan rawat jalan di era pandemi Covid-19. Kemudian penurunan kasus Covid-19, jumlah kunjungan RS Unand masih fluktuatif. Bauran pemasaran diyakini menjadi faktor yang mempengaruhi pasien baru dalam memilih RS Unand dan loyalitas pasien untuk tetap di RS Unand. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi peningkatan kunjungan pasien unit rawat jalan RS Unand dengan pendekatan bauran pemasaran dan loyalitas. Metode: Metode penelitian menggunakan triangulasi dan pendekatan campuran kuantitatif-kualitatif. Pendekatan bauran pemasaran mempunyai variabel (produk, tempat, orang, promosi, harga, proses, bukti fisik) yang terdiri dari 73[ indikator. Loyalitas terdiri dari 4 indikator. Dengan menggunakan kuesioner, data primer diambil dari 105 responden. Di antara mereka, 33 responden dipilih untuk dilakukan wawancara mendalam agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh. Selanjutnya, 8 orang pimpinan manajemen RS Unand juga diwawancarai yang dianalisis menggunakan SWOT. Data primer yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda dengan sistem SPSS 26. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Besarnya R Square adalah 17,5%. Strategi yang dilakukan RS Unand adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk) atau strategi integratif (integrasi ke belakang, integrasi ke depan dan integrasi horizontal) yang diperoleh dari matriks Internal-Eksternal. Kesimpulan: Bauran pemasaran dan loyalitas pasien di unit rawat jalan RS Unand sudah cukup baik meskipun meskipun masih terdapat masalah dari beberapa aspek. Perlunya pelakanaan strategi disertai dengan monitoring evaluasi yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Herri, SE, MBA
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bauran Pemasaran, Loyalitas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 30 Dec 2022 10:10
Last Modified: 24 Mar 2023 07:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121528

Actions (login required)

View Item View Item