INTERAKSI TIPE ISOLAT BAKTERI, TIPE FORMULA PEMBAWA DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP PERTUMBUHAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) DAN KUTU KEBUL (Bemisia tabaci Genn.)

Dina, Septria (2022) INTERAKSI TIPE ISOLAT BAKTERI, TIPE FORMULA PEMBAWA DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP PERTUMBUHAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) DAN KUTU KEBUL (Bemisia tabaci Genn.). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (Thesis full text)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Tanaman tomat memiliki kontribusi dalam peningkatan produksi terhadap total produksi sayuran nasional. Rendahnya produksi dan serangan hama yang tinggi menjadikan penggunaan pestisida secara berlebihan dan berdampak negatif terhadap lingkungan. PGPR menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan pertumbuhan dan mengurangi serangan hama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi rizobakteri, media formula, dan lama penyimpanan dalam memicu pertumbuhan tanaman tomat dan kelimpahan kutu kebul pada pertanaman tomat. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi, Rumah Kaca, dan Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret - Oktober 2021. Penelitian ini bersifat ekperimental menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) Faktorial dengan 3 faktor. Faktor pertama adalah tipe isolat bakteri, terdiri dari 3 taraf (tanpa isolat bakteri, B. cereus SNE 2.2, B. cereus TLE 1.1), faktor kedua adalah jenis formula yang terdiri dari 3 taraf (tanpa formula, air kelapa, dan limbah cair tahu), dan faktor ketiga adalah waktu penyimpanan yang terdiri dari 4 taraf (0 minggu, satu minggu, tiga minggu dan lima minggu) dengan total 36 kombinasi perlakuan dan tiga ulangan, sehingga menghasilkan 108 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor tunggal maupun kombinasi faktor berpengaruh terhadap pertumbuhan tomat dan kelimpahan kutu kebul. Kombinasi isolat bakteri TLE 1.1 dengan limbah cair tahu yang disimpan 5 minggu dan kombinasi isolat bakteri SNE 2.2 dengan limbah cair tahu yang disimpan 5 minggu menjadi kombinasi terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Kombinasi terbaik dengan populasi kutu kebul terendah yaitu B1F2L5, B2F2L5, B2F1L5, dan B2F1L1. Kata kunci : Bacillus spp., tomat, formula, limbah cair, kutu kebul

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Yaherwandi, MSi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu hama
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:07
Last Modified: 30 Dec 2022 08:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121486

Actions (login required)

View Item View Item