PENGARUH PEMBERIAN DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEMBANG TELANG (Clitoria ternatea L.)

NURMIATI, NURMIATI (2022) PENGARUH PEMBERIAN DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEMBANG TELANG (Clitoria ternatea L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Updated Version

Download (381kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (SKRIPSI UTUH)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tanaman kembang telang merupakan tanaman yang serba guna dapat digunakan sebagai tanaman obat, pakan ternak, tanaman hias dan tanaman penutup tanah. Pupuk organik berperan dalam kesuburan tanah, salah satu pupuk organik yang tersedia banyak yaitu tandan kosong kelapa sawit (TKKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos TKKS terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kembang telang, serta mengetahui pengaruh terhadap kadar air, abu dan serat kasar, protein kasar, lemak kasar dan kandungan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN). Penelitian dilakukan di Rumah Kawat, Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian dan Laboratorium Ruminansia Fakultas Peternakan, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, pada bulan April sampai Agustus 2022. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) 5 perlakuan dengan 4 ulangan. Perlakuan adalah kompos TKKS yaitu 0, 20, 40, 60, dan 80 ton/ha. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji F taraf nyata 5%. Jika nilai F hitung lebih besar dari F tabel, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan penambahan kompos TKKS dengan dosis 80 ton/ha memberikan pengaruh yang terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, bobot segar dan bobot kering tanaman kembang telang. Pada analisis proksimat kadar air, abu dan serat kasar lebih rendah dari standar SNI pakan ternak. Kadar protein kasar dan lemak kasar bervariasi dengan perbedaan dosis kompos TKKS, dan meningkatkan kandungan BETN. Kata Kunci : analisis proksimat, kembang telang, tandan kosong kelapa sawit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:50
Last Modified: 30 Dec 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121483

Actions (login required)

View Item View Item