HUBUNGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ACTIVITY OF DAILY LIVING LANSIA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI KELURAHAN TABING WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2016

QORI, AHTUL AULIA (2016) HUBUNGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ACTIVITY OF DAILY LIVING LANSIA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI KELURAHAN TABING WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia mengalami peningkatan populasi lansia yang sangat signifikan dalam dalam dekade terakhir ini. Hal ini diiringi dengan peningkatan angka kesakitan lansia. Angka kesakitan adalah proporsi lansia yang mengalami masalah kesehatan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Aktivitas sehari-hari merupakan bagian dari kebutuhan dasar manusia, jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi akan mempengaruhi kualitas hidup lansia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kemandirian aktivitas sehari-hari dengan kualitas hidup pada lansia. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kelurahan Tabing Padang. Penelitian ini dilakukan selama 30 hari dari tanggal 1-30 Mei 2016, dengan sampel 60 orang yang diambil secara total sampling. Alat pengumpul data menggunakan skala aktivitas sehari-hari dari Index Barthel dan kuesioner kualitas hidup dari WHOQOL. Analisa data menggunakan chi square. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 24 lansia (40%) mandiri dalam beraktivitas sehari-hari, 24 lansia (40%) mengalami ketergantungan sedang dan 33 lansia (55%) memiliki kualitas hidup baik. Terdapat hubungan bermakna antara tingkat kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan kualitas hidup pada lansia, dengan nilai p=0,000. Penelitian ini merekomendasikan kepada keluarga lansia untuk memberikan dukungan pada lansia agar meningkatkan kemandirian lansia dalam beraktivitas terutama pada lansia dengan ketergantungan sehingga kualitas hidup lansia dapat meningkat. Kata kunci : aktivitas sehari-hari, kualitas hidup, Lansia Daftar Pustaka : 53 (1998-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:07
Last Modified: 22 Jul 2016 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12146

Actions (login required)

View Item View Item