ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PETANI TEBU DALAM USAHA PENGOLAHAN GULA SAKA DI KENAGARIAN BUKIK BATABUAH KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM

Indah, Febri Annisa (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PETANI TEBU DALAM USAHA PENGOLAHAN GULA SAKA DI KENAGARIAN BUKIK BATABUAH KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi petani pengolah tebu menjadi gula saka dan mengetahui hubungan faktor-faktor internal dan eksternal dengan motivasi petani pengolah gula saka di Kenagarian Bukik Batabuah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel petani pengolah gula saka ditentukan secara simple random sampling, dengan jumlah sampel 30 orang petani pengolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi ekonomi petani termasuk dalam kategori rendah (53,34%), sedangkan tingkat motivasi afiliasi termasuk dalam kategori sedang (53,33%) dan tingkat motivasi prestasi petani termasuk dalam kategori sedang (40%). Pada taraf kepercayaan 95 persen (a = 0,05) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara umur, pendidikan formal, pendapatan rumahtangga petani, partisipasi dalam kelompok tani, dan keberanian mengambil resiko dengan motivasi petani dalam melakukan kegiatan pengolahan tebu menjadi gula saka. Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran yang dapat diberikan adalah: (1) Melakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan alat analisis yang lebih spesifik. (2) Memberikan pelatihan keterampilan baru dalam hal pengolahan bahan baku tebu agar dapat menciptakan nilai ekonomis yang lebih tinggi. (3) Diharapkan kepada para petani pengolah agar lebih aktif berpartisipasi dalam kelompok tani di lokasi masing masing. Kata Kunci : Petani Pengolah, Tingkat Motivasi, Faktor Internal, Faktor Eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Jul 2016 03:55
Last Modified: 21 Jul 2016 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item