PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI TABLET UREA LEPAS LAMBAT DENGAN PENYALUT BIOBLEND CAMPURAN POLISTIREN DAN AMILUM MANIHOT/POLIKAPROLAKTON

Elmi, Sariani Hasibuan (2022) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI TABLET UREA LEPAS LAMBAT DENGAN PENYALUT BIOBLEND CAMPURAN POLISTIREN DAN AMILUM MANIHOT/POLIKAPROLAKTON. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (KAFER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (FULL TESIS)
TESIS ELMI SARIANI HASIBUAN 6 BENAR FIX (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tablet lepas lambat termasuk salah satu perkembangan teknologi farmasi yang sangat pesat. Produk yang dihasilkan tidak hanya obat, tetapi juga dapat digunakan sebagai pupuk lepas lambat yang bertujuan untuk efisiensi pemberian nutrisi serta mengurangi efek samping akibat penggunaan pupuk konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bioblend polistiren pati/polikaprolakton terhadap urea dan pelepasan tablet urea yang disalut dan yang tidak disalut. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan tablet urea lepas lambat sebanyak 5 formula dengan penyalut polistiren pati dan 5 formula dengan penyalut polistiren polikaprolakton. Tablet urea lepas lambat dilakukan uji evaluasi meliputi uji keseragaman ukuran dan bobot tablet; uji kekerasan dan uji kerapuhan. Selanjutnya dilakukan uji karakterisasi diantarnya pengujian morfologi permukaan tablet urea dengan menggunakan metode Scanning Electron Microscope (SEM) dan pengukuran tebal penyalut, Differential Scanning Calorimetry (DSC), Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR), uji pelepasan pada media air, tanah, dan lumpur serta penentuan kadar. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANOVA dua arah dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan dengan signifikansi (P<0,05). Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan antar formula yang bermakna dengan (p<0,05) terhadap persen penyalutan dan efisiensi penyalutan. Hasil SEM menunjukkan permukaan penyalut halus, kompak, nampak juga beberapa butiran kecil dan tidak menyatu sehingga terlihat jelas inti urea dan penyalut. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan antar formula yang bermakna dengan (p<0,05) terhadap ketebalan. Hasil DSC menunjukkan titik leleh urea ialah 139,849ºC, polistiren 56,604ºC, pati 96,610ºC, polikaprolakton 65,645ºC, formula 2 137,034ºC dan formula 7 136,792ºC. Hasil FTIR tablet urea lepas lambat memiliki kemiripan dengan spektrum urea. Hasil uji pelepasan pada media air, tanah dan lumpur menunjukkan pelepasan yang lambat dibandingkan dengan urea biasa. Oleh karena itu disimpulkan bahwa profil pelepasan tablet urea salut bioblend polistiren pati/polikaprolakton memiliki karakteristik sebagai pupuk lepas lambat karena laju pelepasan lebih lambat dibandingkan tablet urea tanpa penyalutan dan formula terbaik formula 5 dan 10.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. apt. Akmal Djamaan, MS, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Tablet urea lepas lambat, Polistiren, Pati, Polikaprolakton
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:51
Last Modified: 30 Dec 2022 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121447

Actions (login required)

View Item View Item