PENGARUH BEBERAPA KONSENTRASI DAN WAKTU PEMBERIAN GA3 (Gibberelic Acid) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL OKRA (Abelmoschus esculentus)

Kevin, Kevin (2022) PENGARUH BEBERAPA KONSENTRASI DAN WAKTU PEMBERIAN GA3 (Gibberelic Acid) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL OKRA (Abelmoschus esculentus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (12kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PEMBERIAN GA3 (Gibberelic Acid) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL OKRA (Abelmoschus esculentus) Abstrak Okra merupakan salah satu sayuran bernilai ekonomis dan memiliki nilai gizi serta manfaat untuk tubuh. Produksi okra belum mampu mencapai hasil optimum dan kualitas bagus. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan produksi okra. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi okra adalah dengan pemberian beberapa konsentrasi dan waktu pemberian GA3. Tujuan penelitian untuk mendapatkan interaksi antara konsentrasi dan waktu dalam pemberian GA3 pada tanaman okra agar dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil okra. Metode penelitian ini berupa percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Faktor pertama konsentrasi GA3 yang terdiri dari 4 taraf yaitu konsentrasi 0 ppm, 175 ppm, 200 ppm, 225 ppm. Faktor kedua berupa waktu pemberian yang terdiri dari 3 taraf yaitu 10 HST, 15 HST, dan 20 HST. Data dianalisis dengan sidik ragam melalui uji F pada taraf 5%. Jika berbeda nyata akan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan New’s Multiple Range Test (DNMRT) dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman okra kecuali jumlah bunga, jumlah buah, panjang buah dan diameter buah. Pada konsentrasi 0 ppm waktu pemberian terbaik adalah 15 HST sampai 20 HST. Sedangkan pada konsentrasi 175 ppm dan 200 ppm waktu pemberian GA3 terbaik 15 HST sampai 20 HST. Pada konsentrasi 225 ppm GA3 tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman okra. Pada konsentrasi 0 sampai 200 ppm waktu pemberian GA3 tidak nyata mempengaruhi hasil tanaman okra. Waktu pemberian GA3 10 HST, 15 HST dan 20 HST tidak mempengaruhi hasil tanaman okra. Sedangkan pemberian konsentrasi 225 ppm pada waktu pemberian GA3 20 HST nyata menurunkan hasil. Berdasarkan hasil tersebut tidak disarankan pemberian GA3 untuk meningkatkan hasil tanaman okra. Kata kunci: GA3, okra, produksi, zat pengatur tumbuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:30
Last Modified: 30 Dec 2022 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121440

Actions (login required)

View Item View Item