ANALISIS DETERMINAN KUNJUNGAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWANG BARAT KOTA PADANG

Rionitara, Wikarya (2022) ANALISIS DETERMINAN KUNJUNGAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWANG BARAT KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (BAB VII Kesimpulan dan Saran)
BAB VII Kesimpulan Saran.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (TESIS Full Text)
TESIS full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak pada pelaksanaan program kesehatan khususnya pelayanan imunisasi. Hal ini tentu berisiko untuk terjadinya KLB PD3I. Cakupan imunisasi dasar di Kota Padang sangat jauh dari target imunisasi dasar nasional yang sudah ditetapkan yaitu 95%, cakupan imunisasi BCG (74,6%), imunisasi DPT-HB-HIB (55,5%), imunisasi polio (49%) dan imunisasi MR (46%). Perilaku Kesehatan khususnya imunisasi dasar dapat dipengaruhi oleh beberapa determinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan kunjungan imunisasi dasar pada bayi di masa pandemic covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Rawang Barat Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari – November 2022. Jumlah sampel sebanyak 206 orang ibu yang memiliki anak usia 12-28 bulan di wilayah kerja Puskesmas Rawang Barat dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara menggunakan kuesioner, dan dilakukan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian determinan kunjungan imunisasi dasar pada bayi di masa pandemic covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Rawang Barat yaitu pengetahuan ibu (p-value<0,001), sosial ekonomi (p-value 0,444), dukungan keluarga (p-value<0,001), dukungan tenaga kesehatan (p-value<0,001). Faktor yang dominan berhubungan yaitu pengetahuan ibu (OR 24,301). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan bermakna antara faktor pengetahuan ibu, dukungan keluarga dan dukungan tenaga kesehatan tetapi tidak terdapat hubungan bermakna antara faktor sosial ekonomi dengan kunjungan imunisasi dasar pada bayi di masa pandemi covid-19 dan faktor yang paling dominan berhubungan adalah pengetahuan ibu.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Roza Sriyanti, Sp.OG(K)
Uncontrolled Keywords: determinan, imunisasi dasar, pandemi covid-19
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:36
Last Modified: 23 Feb 2024 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121433

Actions (login required)

View Item View Item