KONSORSIUM BAKTERI ENDOFIT Bacillus spp. DALAM BAHAN PEMBAWA DENGAN LAMA PENYIMPANAN BERBEDA UNTUK PENGENDALIAN Meloidogyne spp. PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Dewi, Sukmawati (2022) KONSORSIUM BAKTERI ENDOFIT Bacillus spp. DALAM BAHAN PEMBAWA DENGAN LAMA PENYIMPANAN BERBEDA UNTUK PENGENDALIAN Meloidogyne spp. PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Dewi.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1 Dewi.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5 Dewi.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Dewi.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
Skripsi Dewi (Full).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bakteri endofit merupakan mikroorganisme yang berada di dalam jaringan tanaman dan tidak menimbulkan gangguan pada tanaman, dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama dan patogen serta meningkatkan pertumbuhan tanaman. Tujuan penelitian untuk mendapatkan bahan pembawa dan lama penyimpanan terbaik konsorsium Bacillus spp. dalam pengendalian penyakit bengkak akar oleh Meloidogyne spp.. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 15 perlakuan dan 3 ulangan, perlakuan tersebut adalah air cucian beras, limbah cair tahu, campuran air cucian beras dan limbah cair tahu yang masing-masing disimpan selama 0,1,2,3 minggu, kontrol positif (tanaman tanpa introduksi konsorsium Bacillus spp. dalam bahan pembawa dan tanpa diinokulasikan Meloidogyne spp.) dan kontrol negatif (tanaman diinokulasi Meloidogyne spp. dan tidak diintroduksi Bacillus spp) serta perlakuan nematisida carbofuran. Introduksi konsorsium Bacillus spp. dalam bahan pembawa dilakukan dua tahap yaitu pada benih dan akar bibit tomat. Hasil penelitian menunjukkan konsorsium bakteri endofit dalam bahan pembawa mampu mengurangi jumlah bengkak akar, jumlah kelompok telur, jumlah telur per kelompok telur dan jumlah nematoda dalam tanah jika dibandingkan dengan kontrol. Konsorsium bakteri endofit dalam bahan pembawa terbaik untuk menekan perkembangan Meloidogyne spp. adalah campuran air cucian beras dan limbah cair tahu (ACB+LCT) yang disimpan selama 3 minggu dengan efektivitas 66,12 %. Kata kunci : Bacillus spp., bakteri endofit, Meloidogyne spp., tomat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ujang Khairul, MP
Uncontrolled Keywords: Bacillus spp., bakteri endofit, Meloidogyne spp., tomat.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:35
Last Modified: 30 Dec 2022 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121379

Actions (login required)

View Item View Item