KARKTERISTIK PENYULUH DAN PERANNYA UNTUK DISEMINASI TEKNOLOGI DAN INOVASI PETERNAKAN SAPI POTONG DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus: Penyuluh Pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Batang Anai dan VII Koto Sungai Sariak)

Dona, Rahmi (2022) KARKTERISTIK PENYULUH DAN PERANNYA UNTUK DISEMINASI TEKNOLOGI DAN INOVASI PETERNAKAN SAPI POTONG DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus: Penyuluh Pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Batang Anai dan VII Koto Sungai Sariak). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui karakteristik Penyuluh Pertanian, untuk mengetahui pengalaman Penyuluh Pertanian dalam melakukan diseminasi teknologi dan inovasi mengenai ternak sapi potong, dan untuk mengetahui peran penyuluh sebagai inovator di Kecamatan Batang Anai dan VII Koto Sungai Sariak. Data dari penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang dilakukan merupakan metode studi kasus. Informan penelitian adalah tujuh orang penyuluh pertanian yang aktif di bidang peternakan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa karakteristik Penyuluh Pertanian di Kecamatan Batang Anai dan VII Koto Sungai Sariak berada di umur 30-50 tahun, didominasi oleh jenis kelamin laki-laki, dengan tingkat pendidikan akhir sarjana Srata 1 (S1) yang lebih banyak, bermayoritas PNS, dan masa kerja berkisar antara 10-15 tahun. Pengalaman penyuluh pertanian dalam mendiseminasikan teknologi dan inovasi peternakan berdasarkan aspek WKPP rata-rata penyuluh pertanian memegang 2 wilayah kerja. Berdasarkan teknik penyuluhan yang dilakukan, lebih banyak penyuluh yang melakukan sosialisasi ke kelompok peternak. Berdasarkan sektor pertanian yang dikuasai dinyatakan bahwa semua penyuluh menguasai bidang peternakan, sumber bahan bacaan yang paling banyak dipedomani adalah jurnal ilmiah dan laporan hasil penelitian yaitu sebanyak 85,71% informan yang memilih. Informan yang menggunakan hasil penelitian semuanya mempunyai preferensi masing-masing terhadap hasil penelitian yang ada. Peran penyuluh pertanian sebagai inovator sudah dijalankan dengan baik sebagaimana mestinya, namun tidak ada teknologi baru yang disampaikan oleh penyuluh di BPP Kecamatan Batang Anai maupun BPP Kecamatan VII Koto Sungai Sariak. Kata Kunci: Karakteristik Penyuluh Pertanian, Pengalaman Penyuluh Pertanian, Inovator, BPP Kecamatan Batang Anai dan BPP Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar, M.Sc
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:00
Last Modified: 30 Dec 2022 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121315

Actions (login required)

View Item View Item