RESPON BEBERAPA VARIETAS TANAMAN CABAI (Capsicum annum L.) TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM (Fusarium oxysporum f. sp. capsici)

Septina, Ulandari (2022) RESPON BEBERAPA VARIETAS TANAMAN CABAI (Capsicum annum L.) TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM (Fusarium oxysporum f. sp. capsici). Diploma thesis, Unuversitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Tina.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Tina.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 Tina.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA TINA.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fusarium oxysporum f.sp capsici merupakan jamur patogen tular tanah yang menyebabkan penyakit layu fusarium pada tanaman cabai, dan dapat menurunkan produksi hingga 50%. Salah satu alternatif pengendalian yang dapat dilakukan adalah menggunakan varietas tahan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon beberapa varietas cabai terhadap penyakit layu fusarium yang disebabkan oleh jamur F. oxysporum f. sp. capsici. Penelitian ini telah dilaksanakan di laboratorium Fitopatologi Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan dan Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas sejak bulan Juli-November 2021. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari (A) varietas Lokal, (B) varietas Laris, (C) varietas Lotanbar, (D) varietas Taro F1 dan (E) varietas Kopay. Parameter pengamatan adalah perkembangan penyakit, pertumbuhan bibit dan pertumbuhan tanaman cabai. Hasil penelitian menunjukkan varietas yang diuji merupakan varietas yang rentan terhadap F. oxysporum f. sp. capsici dengan kejadian dan keparahan penyakit varietas Lokal dan Taro F1 (100%), varietas Laris dan Kopay (50%) dan varietas Lotanbar (25%). Kata kunci: Ketahanan tanaman, varietas cabai, layu fusarium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yenny Liswarni
Uncontrolled Keywords: Ketahanan tanaman, varietas cabai, layu fusarium.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:31
Last Modified: 30 Dec 2022 08:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121211

Actions (login required)

View Item View Item