LEGALITAS KEWENANGAN COAST GUARD DALAM THE CHINA COAST GUARD LAW DITINJAU DARI UNCLOS 1982 (Studi : Kasus sengketa RI – China di kawasan ZEE RI)

Annisha, Meilasari (2022) LEGALITAS KEWENANGAN COAST GUARD DALAM THE CHINA COAST GUARD LAW DITINJAU DARI UNCLOS 1982 (Studi : Kasus sengketa RI – China di kawasan ZEE RI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa tahun belakangan ini hubungan antara Indonesia dan China tidak kunjung membaik, hal ini disebabkan oleh adanya beberapa konflik yang terjadi di Laut Natuna Utara atau dulu dikenal dengan Laut China selatan yang disebabkan oleh pelanggaran kedaulatan Republik Indonesia di Zona Ekonomi Indonesia oleh China yang didasari oleh klaim sepihak oleh China, dan kapal nelayan maupun kapal Coast Guard China terlihat beberapa kali memasuki Laut Natuna tanpa izin, bahkan nelayan China didapati menggunakan pukat harimau dalam menangkap ikan yang mana hal tersebut dilarang Undang-undang di Indonesia. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaturan kewenangan Coast Guard berdasarkan The China Coast Guard Law dan bagaimana The China Coast Guard Law melindungi kapal nelayan China di laut ZEE Indonesia dari perspektif UNCLOS 1982. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda penelitian yuridis normatif dimana hukum dikonsepkan sebagai apa yang tertulis dalam peraturan perundang-undangan (law in books) atau hukum dikonsepkan sebagai kaidah atau norma yang merupakan patokan berperilaku manusia yang dianggap pantas. penelitian yuridis normatif adalah penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau data sekunder belaka.Dengan menggunakan metode berpikir deduktif (cara berpikir dalam penarikan kesimpulan yang ditarik dari sesuatu yang sifatnya umum yang sudah dibuktikan bahwa dia benar dan kesimpulan itu ditujukan untuk sesuatu yang sifatnya khusus).Dengan demikian objek yang dianalisis dengan pendekatan yang bersifat kualitatif adalah metode penelitian yang mengacu pada norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan.Hasil penelitian menunjukkan 1)Kewenangan Coast Guard dalam The China Coast Guard tidak sesuai dengan ketentuan dalam United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS 1982). 2) Upaya atau Tindakan yang dilakukan Coast Guard China tidak sesuai dengan aturan yang terdapat dalam UNCLOS 1982, hal ini dikarenakan Coast Guard China dalam melindungi kapal nelayan negaranya melanggar kedaulatan negara lain dengan memasuki Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia tanpa izin dan juga melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan pukat harimau yang mana itu dilarang oleh aturan yang ada di Indonesia. Kata Kunci : Coast Guard, The China Coast Guard, ZEE, dan UNCLOS 1982.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mardenis, S.H.,M.Si
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:34
Last Modified: 30 Dec 2022 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121191

Actions (login required)

View Item View Item