PENGARUH PENGGUNAAN ANTISEPTIK BERBAGAI BAHAN ALAMI TERHADAP MORTALITAS EMBRIO, DAYA TETAS, DAN SALEABLE DOC PADA PENETASAN TELUR AYAM KUB

ANNISA, ANNISA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ANTISEPTIK BERBAGAI BAHAN ALAMI TERHADAP MORTALITAS EMBRIO, DAYA TETAS, DAN SALEABLE DOC PADA PENETASAN TELUR AYAM KUB. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK (1).pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB AKHIR PENUTUP)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT-3-67_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan antiseptik berbagai bahan alami terhadap total koloni bakteri kerabang telur, mortalitas embrio, daya tetas, dan saleable DOC pada penetasan telur ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB). Penelitian ini menggunakan 215 butir telur tetas fertil ayam KUB. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisa data secara deskriptif. Perlakuan yang diberikan yaitu A (kontrol/antiseptik komersil), B (antiseptik ekstrak daun sirih 20%),C (antiseptik ekstrak daun jambu biji 20%), D (antiseptik ekstrak daun mengkudu 20%). Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah total koloni bakteri kerabang telur, mortalitas, daya tetas, dan saleable DOC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil terbaik pada uji TPC didapatkan pada perlakuan ekstrak daun sirih 20%. Hasil terbaik pada mortalitas embrio dan daya tetas adalah pada perlakuan ekstrak daun jambu biji 20%. Sedangkan untuk saleable DOC pada semua perlakuan mendapatkan rataan yang sama yaitu 100% dari masing-masing daya tetasnya. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan antiseptik alami dari ekstrak daun sirih 20%, daun jambu biji 20%, dan daun mengkudu 20% dapat menurunkan total koloni bakteri kerabang telur, menurunkan mortalitas embrio, dan meningkatkan daya tetas pada penetasan telur ayam KUB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Sabrina, MP dan Linda Suhartati, S.Pt., M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:55
Last Modified: 30 Dec 2022 01:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121108

Actions (login required)

View Item View Item