PENYUSUNAN STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI TPA REGIONAL PAYAKUMBUH DENGAN ANALISIS SWOT

Viandry, Tetriva Putri (2022) PENYUSUNAN STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI TPA REGIONAL PAYAKUMBUH DENGAN ANALISIS SWOT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf

Download (3MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan sampah di TPA Regional Payakumbuh belum optimal dengan terlihatnya lahan landfill sudah penuh dari kapasitas volume 400.000 m3 tersisa sekitar 130.540 m3. TPA merencanakan penambahan landfill namun belum terlaksana sebab tidak adanya pendanaan pembangunan landfill baru. Jumlah timbulan sampah masuk ke TPA sebanyak 200 ton/ hari yang berasal dari empat Kota/Kabupaten dalam kondisi tercampur. Pengelolaan sampah di TPA menggunakan metode controll landfill. Tujuan penelitian ini untuk menyusun strategi pengelolaan sampah di TPA Regional Payakumbuh. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif yakni penelitian yang bermaksud mendeskripsikan suatu fenomena. Dalam evaluasi kinerja pengelolaan sampah dilakukan survey lapangan kondisi eksisting dan membandingkan dengan Permen PU No 03 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Selanjutnya dilakukan wawancara kepada pemulung untuk penilaian peran pemulung di TPA. Serta penyebaran kuisioner online dalam penentuan strategi pengelolaan TPA dengan Analisa SWOT. Hasil penelitian ialah 1) Kinerja pengelolaan sampah di TPA kurang optimal, disebabkan belum terlaksananya pengomposan dan metode sanitary landfill. 2)Peran pemulung sangat membantu dalam pengurangan sampah anorganik di TPA dengan total pengurangan sampah di landfill sebanyak 3 ton/hari. 3)Berdasarkan analisis SWOT Pengelolaan Sampah TPA berada di kuadran I yakni strategi agresif. Strategi yang dihasilkan mempunyai kekuatan dan peluang yang kuat dilihat dari faktor internal dan eksternal. Terdapat 3 rekomendasi strategi Pengelolaan Sampah di TPA Regional Payakumbuh yakni 1) strategi peningkatan sarana prasarana pengomposan di TPA,2) Strategi penerapan kebijakan aturan pembiayaan kompensasi kepada pengguna TPA,3) Strategi peningkatan pemberdayaan pemulung di TPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Slamet Raharjo, Dr.Eng
Uncontrolled Keywords: Komposisi Sampah, Pemulung, Pengelolaan Sampah, SWOT ( Strengths,Weakness,Oppotunities dan Threats), TPA Regional Payakumbuh.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:48
Last Modified: 30 Dec 2022 01:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121060

Actions (login required)

View Item View Item