SIFAT FISIS DAN MEKANIS PAPAN PARTIKEL BERBAHAN SERBUK TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera L.) DAN SERBUK KAYU ULIN (Eusideroxylon zwaregi) BERTULANG ANYAMAN BAMBU

Icha, Zahratul Fazri (2022) SIFAT FISIS DAN MEKANIS PAPAN PARTIKEL BERBAHAN SERBUK TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera L.) DAN SERBUK KAYU ULIN (Eusideroxylon zwaregi) BERTULANG ANYAMAN BAMBU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I watermark.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (BAB V (Hasil dan Pembahasan))
BAB V watermark.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sifat fisis dan mekanis papan partikel berbahan serbuk tempurung kelapa dan serbuk kayu ulin bertulang anyaman bambu. Perbandingan komposisi filler yang digunakan serbuk tempurung kelapa : serbuk kayu ulin yaitu 0%:70%, 20%:50%, 35%:35%, 50%:20%, dan 70%:0% dengan matriks resin epoksi konstan yaitu 30%. Ukuran partikel serbuk tempurung kelapa dan serbuk kayu ulin yang digunakan lolos ayakan 100 mesh. Parameter yang diukur adalah densitas, kadar air, daya serap air, Modulus of Elasticity (MOE), dan Modulus of Repture (MOR). Hasil pengujian menunjukkan dengan bertambahnya komposisi serbuk tempurung kelapa dapat memperkuat papan partikel terhadap sifat fisis, sedangkan dengan bertambah komposisi serbuk tempurung kelapa dapat memperlemah papan partikel terhadap sifat mekanis papan partikel. Hasil pengujian sifat fisis papan partikel yang didapatkan memenuhi standar SNI 03-2105-2006 berdasarkan kadar air dan daya serap air sedangkan untuk nilai densitas belum memenuhi standar SNI. Hasil pengujian sifat mekanis papan partikel MOE dan MOR belum memenuhi standar SNI 03-2105-2006.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mora, M.Si
Uncontrolled Keywords: papan partikel, kayu ulin, tempurung kelapa, MOE,MOR
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:03
Last Modified: 30 Dec 2022 02:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121040

Actions (login required)

View Item View Item