RELASI KUASA PADA DISKURSUS KONFLIK SUMBER DAYA ALAM Studi Kasus: Konflik Perusahaan Geotermal dan Warga Nagari Batu Bajanjang

REDHO, RAMA PUTRA (2022) RELASI KUASA PADA DISKURSUS KONFLIK SUMBER DAYA ALAM Studi Kasus: Konflik Perusahaan Geotermal dan Warga Nagari Batu Bajanjang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (BAB Akhir)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Tesis Utuh)
THESIS REDHO RAMA PUTRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji kontestasi wacana pembangunan geotermal yang menghasilkan benturan kepentingan masing-masing aktor dalam penguasaan sumber daya yang ada dan relasi kuasa dari pihak yang mendukung dan pihak yang menolak pada diskursus konflik sumber daya alam pada proyek Geotermal Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Metode yang digunakan adalah metode hermeneutik dengan teknik pemilihan informan yaitu Teknik snowball sampling. Hasil penelitian menemukan Pertama adanya aktor intelektual yang bekerja untuk mencoba memproduksi wacana sehingga wacana dapat bekerja untuk membentuk suatu Tindakan. Kedua, Para masing-masing kelompok melahirkan strategi untuk upaya mereka mendapatkan kekuasaan atas pengelolaan sumber daya alam yang ada, baik secara formal melalui undang-undang maupun secara informal melalui Gerakan masa Ketiga strategi aktor dari relasi yang di bangun melalui dua cara yaitu: PT Hitay Daya Energi Daya Energy membangun relasi dengan pihak pemerintah daerah kabupaten Solok beserta Camat, Pemerintah Nagari, dan Niniak Mamak. sedangkan masyarakat yang menolak membangun relasinya dengan kelompok LBH, Akademi dan mahasiswa agar mendapat pengetahuan mengenai Geotermal yang melahirkan pengetahuan dalam bentuk kuasa gerakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Afrizal, M.A
Uncontrolled Keywords: Relasi Kuasa, Konflik, Geotermal
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu politik
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:28
Last Modified: 29 Dec 2022 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121035

Actions (login required)

View Item View Item