Sistem Monitoring Kualitas air laut dan Kontrol Kadar Oksigen untuk Penangkaran Tukik Penyu Sisik Berbasis Internet of Things (IoT)

Vonny, Rahmadani (2022) Sistem Monitoring Kualitas air laut dan Kontrol Kadar Oksigen untuk Penangkaran Tukik Penyu Sisik Berbasis Internet of Things (IoT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL VONNY)
Skripsi_1811511025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyu merupakan salah satu biota laut yang dilindungi karena populasinya yang terancam punah. Pada wilayah pantai barat Sumatera tepatnya di Kota Pariaman merupakan salah satu habitat penyu. Untuk menjaga kelestarian penyu di sana, Pemerintah Kota Pariaman membuat Kawasan Konservasi Penangkaran Penyu di bawah UPT.Konservasi Penyu Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pariaman. Salah satu indikator penting dalam budidaya tukik memerlukan manajemen kualitas air laut yang baik. Parameter dari kualitas air laut yang baik diantaranya: kadar garam, suhu air laut dan kadar oksigen terlarut. Budidaya tukik yang dilakukan di Pariaman pada saat ini masih menggunakan metode yang konvensional sehingga kurang efektif dan efisien yaitu dengan cara mengukur kadar oksigen, salinitas dan suhu secara langsung ke kolam penangkaran menggunakan alat ukur manual. Oleh karena itu dilakukan penelitian sistem monitoring kualitas air seperti kadar garam menggunakan sensor salinitas, suhu menggunakan sensor DS18B20 dan pengontrolan kadar oksigen menggunakan sensor dissolved oxygen dan untuk pengontrolannya menggunakan aerator. Dimana sistem ini dapat memonitoring dan mengontrol kadar oksigen secara otomatis dan hasilnya dapat dilihat menggunakan smartphone melalui aplikasi Blynk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng, Budi Rahmadya Rizka Hadelina, M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Tukik, Monitoring, Sensor Dissolved Oxygen, Sensor Salinitas, Sensor DS18B20, Aerator.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:53
Last Modified: 06 Jan 2023 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120945

Actions (login required)

View Item View Item