IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA JAMBI NOMOR 21 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PENANGANAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) DI AREA PUBLIK/LINGKUNGAN USAHA DAN MASYARAKAT DALAM PEMBERLAKUAN RELAKSASI EKONOMI DAN SOSIAL KEMASYARAKATAN PADA MASA PANDEMI DI KOTA JAMBI

Alfattah, Diolanang Hidayat (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA JAMBI NOMOR 21 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PENANGANAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) DI AREA PUBLIK/LINGKUNGAN USAHA DAN MASYARAKAT DALAM PEMBERLAKUAN RELAKSASI EKONOMI DAN SOSIAL KEMASYARAKATAN PADA MASA PANDEMI DI KOTA JAMBI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (894kB) | Request a copy

Abstract

Sejak awal masuknya Virus Corona ke Indonesia, Pemerintah sendiri mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 tentang penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menetapkan bahwa COVID-19 sebagai jenis penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat dan telah menyebar ke lebih dari 200 negara di dunia, sehingga COVID-19 menjadi sumber bencana kemanusiaan secara global. Berkenaan dengan penyebaran COVID-19 ke seluruh daerah di Indonesia, pemerintah Kota Jambi pun berupaya dalam membuat Peraturan Walikota Jambi Nomor 21 Tahun 2020 dalam mengantisipasi dan penanganan penyebaran COVID-19 yang berdampak pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat semakin luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis implementasi Peraturan Walikota Jambi Nomor 21 Tahun 2020 tentang relaksasi ekonomi dan sosial kemasyarakatan pada masa pandemi COVID-19 di Kota Jambi. Teori yang digunakan adalah teori implementasi George Edward III. Menurut George Edward ada empat indikator yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan publik yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Walikota Jambi Nomor 21 Tahun 2020 belum berjalan sesuai dengan teori George Edward III dengan dibuktikannya proses komunikasi dimana implementor tidak melakukan sosialisasi secara intens dengan seluruh masyarakat Kota Jambi dan tidak adanya pelaporan penggunaan sumber daya keuangan COVID-19 secara transparan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA
Uncontrolled Keywords: Implementasi, COVID-19, Kota Jambi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JK Political institutions (United States)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:50
Last Modified: 29 Dec 2022 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120881

Actions (login required)

View Item View Item